PEMBANGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KELUHAN SISWA BERBASI WEB PADA SMA PGRI 6 MALANG MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Marissa Renny Leon/ Wiwin Kuswinardi

Abstract

Dalam  menyampaikan  keluhan  siswa  masih  kurang  efektif  yaitu  siswa
melakukan  pengaduan  keluhan  masih  menggunakan  cara  pencatatan  di  kertas
akan  tetapi  ada  beberapa  kendala  yang  di  hadapi  oleh  wali  kelas  guru  dimana
terjadinya  kehilangan  kerusakan  pada  kertas  pengaduan  keluhan  sehingga
pengaduan  keluhan  tidak  tersampaikan  pada  wali  kelas  dan  kepala  sekolah  dan
waktu yang dibutuhkan  masih  terbatas. Dengan  data-data keluhan  tersebut  dapat
dijadikan  sebagai  acuan,  dengan  indikator  wali  kelas  kepala  sekolah  dan  guru
yang akan menangani keluhan dari siswa-siswi SMA PGRI 6 Malang.
Model  waterfall  ini  mengusulkan  sebuah  pendekatan  kepada
pengembangan  software  yang  sistematikdan  sekuensial  yang  mulai  dari  tingkat
kemajuan  sistem  pada  seluruh  analisis,  desain,  koding,  pengujian  dan
pemeliharaan.
Sistem  berbasis  web  yang menggunakan media internet ini di maksudkan
agar  memudahkan  siswa  dalam  menyampaikan  keluhan  dan  memudahkan  wali
kelas,kepala  sekolah  dan  guru  dalam  menangani  keluhan  siswa  yang
berkelanjutan secara efektif.
Kata Kunci: Keluhan Siswa, Berbasis Web, Metode Waterfall
ABSTRACT
Leon,  Marissa Renny. 2014.  Development of web based Management Information
System  of  Student Complaints In SMA PGRI 6 Malang Using Waterfall Method.
109
Thesis, information systems Study  Program, Faculty of Information Technology,
kanjuruhan Universitas of Malang.
Supervisor: Wiwin Kuswinardi,Kom., M.Kom
Delivering    complaint of students is  still  less effective Students  write
complaints  on  paper,  but  there  are  some  constraints  faced  by  the  homeroom
teacher, if the paper of complaint is loss or damage, the complaint is not delivered
to the homeroom teacher and also  the  time required is still limited. Complaints
can  be  used  as  a  reference  for  the  indicators  of  homeroom  teacher  and  from
students of SMA PGRI 6 Malang.
Waterfall  method  is  the  model  used  for  software  development  that
makes software. Model  is  systematically  developed    from one stage to another in
as  a  waterfall.  This  model  proposes  sistematic  and  sequential    approach  to
software  development  that  covers  level  of  advancement  in  the  analysis,  design,
coding, testing and maintenance.
This  Web-based system that uses the internet  is intended to facilitate
the  students  in  presenting  complaints  and  facilitate  homeroom,  principals  and
teachers in dealing with student complaints..
Keywords : Student Complaint, Web Based, Waterfall Method.

Authors

Marissa Renny Leon/ Wiwin Kuswinardi
RenyLeon@unikama.ac.id (Primary Contact)
Wiwin Kuswinardi, M. R. L. (2015). PEMBANGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KELUHAN SISWA BERBASI WEB PADA SMA PGRI 6 MALANG MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/555
Copyright and license info is not available

Article Details