SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DATA KEPUASAAN PESERTA PELATIHAN TERHADAP PELAYANAN BLK (BALAI LATIHAN KERJA) KOTA PROBOLINGGO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

Evi Maesaroh/ Moh Sulhan

Abstract

ABSTRAK

BLK merupakan salah satu wadah atau tempat yang dapat menampung beberapa kegiatan pelatihan. Peserta dapat mengikuti pelatihan sesuai keahlian masing-masing peserta, setelah selesai mengikuti pelatihan peserta diharapkan untuk mengisi kuisioner, tujuan mengisi kuisioner untuk menilai pelayanan yang ada di BLK. Dalam sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode servqual dimana dari 18 kriteria tersebut digolongkan menjadi 5 dimensi yaitu tangible, emphty, responsiviness, reliability, assurance. Dalam kriteria tersebut terdapat 2 penilaiaan yaitu nilai persepsi - nilai ekspektasi dimana akan diketahui nilai akhir dari permasing-masing kriteria yang kemudian akan dijadikan sebagai bahan laporan. Validasi menghasilkan kesimpulan bahwasannya dalam meningkatkan mutu pelayanan di Balai Latihan Kerja Kota Probolinggo terhadap peserta pelatihan, telah terealisasi dan mampu menghasilkan solusi dan dengan adanya system ini pihak peserta, admin, dan kepala BLK merasa terbantu dalam keputusan kuisioner dalam meningkatkan mutu pelayanan Balai Latihan Kerja Kota Probolinggo terhadap peserta pelatihan.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Kuisioner, Servqual.

ABSTRACT

            BLK is one container or place that can accommodate several training activities, Participants can  take trainings a ccording to their expertise. After completion of the training, participants are expected to fill out the questionnaire. The purpose of filling a questionnaire is to assess existing services in decision support systems BLK. this method where by servqual of 18 criterias grouped into five dimensions, i.e: tangible, emphty, responsiviness, reliability, and assurance. In these criteria,there are 2 assement values = perseption value, and expection value which their final value, of each criterion will be taken into the report.The validation produces the conclusion that in improving the quality of service in Probolinggo City Training Center of the trainees has been realized and is able to produce solutions. In the presence of this system,the partisipants admin, and chief BLK can be helped in the decision of questionnaire

 

Keywords: Decision Support Systems, Questionnaires, Servqual.

Authors

Evi Maesaroh/ Moh Sulhan
evimaysa@unikama.ac.id (Primary Contact)
Moh Sulhan, E. M. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DATA KEPUASAAN PESERTA PELATIHAN TERHADAP PELAYANAN BLK (BALAI LATIHAN KERJA) KOTA PROBOLINGGO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/579
Copyright and license info is not available

Article Details