“SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PREDIKSI PEMASARAN PENJUALAN MOBIL BERDASARKAN KEBUTUHAN PELANGGAN DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT”.

wiji setiyaningsih Bagus Tirto Budiwaluyo/

Abstract

 

ABSTRAK

 

PT  Bumen  Redja  Abadi  yang  merupakan salah  satu  cabang  bisnis  otomotif  bermerek  Mitsubishi  ingin  selalu  berusaha memberikan  yang  terbaik  untuk  masyarakat  khususnya  di   Malang, ditemukan suatu permasalahan dalam menentukan tipe atau jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di daerah yang akan menjadi target lokasi pemasaran. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah bagaimana menentukan tipe atau jenis mobil yang tepat untuk dibawa ke sebuah pameran yang terletak pada daerah yang telah ditentukan sesuai dengan data penjualan sebelumnya pada pelanggan yang bertempat tinggal di daerah tersebut.

Penentuan tipe atau jenis mobil di masa mendatang ini berdasarkan pada banyak kriteria sehingga metode sistem pengambilan keputusan yang sesuai untuk digunakan pada aplikasi ini adalahMetode Weighted Product. Beberapa kriteria yang digunakan dalam perhitungan ini adalah: harga mobil, tipe mobil, kapasitas penumpang, kapasitas silinder, penggunaan bbm, ukuran bagasi, jenis kantong udara, tipe setir, tipe audio, jenis velg.

Berdasarkan hasil pengujian bahwasannya dalam penentuan tipe atau jenis mobil dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus PT. Bumen Redja Abadi Malang) dapat berjalan sesuai yang diharapkan dalam meramalkan tipe atau jenis mobil yang diinginkan oleh pelanggan secara efektif.

 

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Prediksi Penjualan, Weighted Product.

 

ABSTRACT

 

PT. Bumen Redja Abadi is one of the automotive business branch of Mitsubishi. This company always wants to provide the best service for the community, especially in Malang. There is a problem in determining types and series of cars that suit to customer needs in some area of the marketing location target. Company determines the types or series of the right car to be brought to an exhibition in some areas where have been determined based on previous sales data on customers.

Determination of types or series of cars is based on many criteria. Method of making decision system that appropiates for this application is Weighted Product method. Some of the criteria used in this calculation are: the price of the car, type of car, passenger capacity, cylinder capacity, fuel use, the size of trunk, the type of air bag, steering wheel type, audio type, type of wheels.

According to the test results in determination of the types or series of cars Weighted Product Method (Case Study PT. Bumen Redja Abadi Malang) can work effectively as expected in predicting the type of cars.

 

Keywords:Decision Support Systems, Predictionof Sale, WeightedProduct

Authors

wiji setiyaningsih Bagus Tirto Budiwaluyo/
bagoestirto@unikama.ac.id (Primary Contact)
Bagus Tirto Budiwaluyo/, wiji setiyaningsih. (2015). “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PREDIKSI PEMASARAN PENJUALAN MOBIL BERDASARKAN KEBUTUHAN PELANGGAN DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT”. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/725
Copyright and license info is not available

Article Details