SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING DI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

Dewi Tikasari/ Moh Sulhan

Abstract

ABSTRAK
Pusat Konseling dan Testing adalah salah satu lembaga pendidikan  yang memiliki
tujuan membentuk lulusan yang memiliki daya saing, kreatif, toleran, dan religius ,  salah satu
layanan pusat konseling dan testing adalah Layanan Bimbingan Kelompok .  Mahasiswa  yang
telah  mengikuti  bimbingan kelompok  setelah selesai  kegiatan  diharapkan untuk mengisi
kuisioner, tujuan mengisi kuesioner untuk menilai pelayanan yang ada di  Pusat Konseling dan
Testing. Dalam sistem pendukung keputusan ini menggunaka n metode servqual dimana  ada  14
kriteria  yang di  digolongkan menjadi 5 dimensi yaitu tangible, emphty, responsiviness,
reliability, assurance. Dalam kriteria tersebut terdapat 2 penilaia n yaitu nilai persepsi  -  nilai
ekspektasi dimana akan diketahui nilai akhir dari permasing-masing kriteria yang kemudian
akan dijadikan sebagai bahan laporan.  Berdasarkan pengujian data  analisis  servqual
menghasilkan kesimpulan bahwasannya dalam meningkatkan mutu pelayanan di  Pusat
Konseling dan Testing Unikama  terhadap  mahasiswa, telah terealisasi dan mampu
mengoptimalkan fungsi kuesioner  dan dengan  adanya sistem ini pihak admin, dan  pimpinan
merasa terbantu dalam  merekapitulasi hasil  kuisioner  sehingga dapat digunakan sebagai acuan
untuk  meningkatkan mutu pelayanan  Pusat Konseling dan Testing Unikama  terhadap
mahasiswa.
Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan,Metode Servqual,Kuesioner.
ABSTRACT
Counseling and Testing Center is institution that its purpose is to form graduates to be
competitive, creative, tolerant, and religious. One of its services is guidance service for   group.
Student that following the group guidance after completi of activities is expected to fill in the
questionnaire. The purpose of filling a questionnaire is to assess the existing services at the
Counseling and Testing Center.  This decision support system uses servqual method that
contains 14 classified into five dimensions such as: tangible, empathy, responsiveness,
reliability and, assurance. There are two assessment values e.g.: perception value and
expectation value. Each criteria value will be calculated to be final value used for material
report. Based on the testing data analyzed by servqual method the system has been realized and
optimize the function of the questionnaire. With this system, admin and university leader are
helped in recapitulating result of questionnaire, this it can be used as reference for improving
service quality of Counseling and Testing Center of Unikama.
Keywords: Decision Support Systems, Servqual Method, Questionnaire.

Authors

Dewi Tikasari/ Moh Sulhan
Dewitika_sari@unikama.ac.id (Primary Contact)
Moh Sulhan, D. T. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING DI UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/817
Copyright and license info is not available

Article Details