TEKNIK BENCHMARKING ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA SISTEM AKADEMIK Studi kasus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Nur Wulan Intan Palupi, Anggri Sartika Wiguna, Wahyudi Harianto

Abstract

Penelitian ini membahas hasil penelitian analisis teknik benchmarking analisis index kepuasan mahasiswa terhadap kinerja sistem akademik (SIAKAD) UNIKAMA. Faktor kualitas layanan menggunakan tangible (bukti fisik), reliable (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati). Sampel penelitian adalah 321 mahasiswa yang telah menggunakan SIAKAD selama proses perkuliahan pada Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Hasil uji validitas data menunjukkan bahwa semua butir soal valid dan hasil uji reliabilitas menunjukkan tingkat reliabelnya baik. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan nilai kesesuaian pada tingkat kepuasan mahasiswa per atribut pada analisis Important Performance Analysis maka hasil yang diperoleh berada di tingkat “sangat memuaskan”. Sedangkan berdasarkan dari hasil analisis Customer Satisfaction Index hasil yang diperoleh berada pada kriteria “puas”. Berdasarkan hasil Benchmarking dari kedua metode tersebut didapatkan bahwasanya index kepuasan mahasiswa itu sangat optimal khususnya pada metode IPA dikarenakan pada metode tersebut juga dapat mengetahui secara detail atribut mana saja yang perlu dilakukan perbaikan melalui hasil diagram kartesius. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode ini merupakan metode yang lebih kompleks. Berdasarkan pada hasil pengolahan dan analisis yang telah dilakukan, maka dapat peneliti kemukakan beberapa saran yang diharapkan berguna bagi Sistem akademk Universitas PGRI Kanjuruhan Malang atau pihak-pihak yang bersangkutan dalam hal ini, pelaksanaan upaya perbaikan harus dipantau dan dievaluasi sesuai dengan hasil yang didapatkan agar kepuasan pengguna sistem akademik benar-benar terpenuhi, jika ingin melakukan Benchmarking pada sebuah metode diharapkan metode yang akan menjadi pembanding mempunyai variabel sama.

Authors

Nur Wulan Intan Palupi
nwintanpalupii@gmail.com (Primary Contact)
Anggri Sartika Wiguna
Wahyudi Harianto
Intan Palupi, N. W., Wiguna, A. S., & Harianto, W. (2023). TEKNIK BENCHMARKING ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA SISTEM AKADEMIK : Studi kasus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 5(2), 67–78. https://doi.org/10.21067/bimasakti.v5i2.9001
Copyright and license info is not available

Article Details