Analisis Pendekatan Konseling Narrative Therapy

Main Article Content

Tasya Diandra Aulia
Rika Puspita Sari
Okta Pratiwi
Dini Pramaessilla
Sigit Dwi Sucipto

Abstract

Narrative therapy is an approach or method used in the world of counseling that aims to invite counselors


to tell stories and communicate experiences related to the problems they are experiencing. The focus of this


approach is the most dominant narrative depiction of the council so that it is able to express the problems


they encounter. The method used in this research is a library study with moreview 20 articles on narrative


therapy counseling approaches that have been published and have been nationally accredited. The result of


this research is that the approach of Narrative Therapy has been proven to be able to influence the solution


of the problems that are being experienced.

Article Details

How to Cite
Tasya Diandra Aulia, Puspita Sari, R., Okta Pratiwi, Dini Pramaessilla, & Sigit Dwi Sucipto. (2024). Analisis Pendekatan Konseling Narrative Therapy. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 9(1), 51–61. https://doi.org/10.21067/jki.v9i1.9252
Section
Articles

References

Abdillah, Husni. (2014). Bimbingan Karier Berdasarkan Pendekatan Naratif untuk Meningkatkan Adaptabilitas Karier Peserta Didik.

Andieni, Vicky Dewi. (2016). Penerapan Konseling Naratif untuk Mereduksi Kecemasan Komunikasi (Communication Apprehension) pada Siswa Kelas VIII di SMPN 40 Surabaya. Jurnal mahasiswa Bimbingan dan Konseling.

Aryani D.W., Salsabila. L., Supramika .Y., Syammach.K.H., Azizah.N. (2022). RAGAM PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING. Universitas Islam Nusantara.

Azizah, A., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Naratif. Jurnal Bimbingan Konseling UNESA, 7(2), 3.

Azizah, ddk. (2022). Ragam Pendekatan Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia: oTeori, Penelitian dan Inovasi. 2(5). 2-7.

Damayanti, O. (2020). Penerapan Konseling Naratif menggunakan Penilaian IMCS (Innovative Moments Coding System) dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking pada Mahasiswa di UIN Raden Intan Lampung. (Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Darmawansyah, Ernawati, Saifuddin. (2022). PENERAPAN LAYANAN KONSELING NARATIF UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI SISWA KELAS IX PADA SMP NEGERI 7 POLEWALI KECAMATAN BINUANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat. 12 (2).

Effendi, Mutiah, yaya. (2019). Pengaruh Konseling Naratif Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa MAN Indramayu. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam. 7(4). 444-455.

Fajar F, & Sinring A, Fadhilah Umar N. (2022). Pengembangan Media Daily Journal Konseling Naratif Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas Development of Narrative Counseling Daily Journal Media to Improve Academic Self-Efficacy of High School Students . Journal of Art Humanity & Social Studies . vol.2 No.6, 2022 1-14.

Gultom, Abraham. (2023). Metode Naratif dalam Konseling Pneumatologis dan Penerapannya bagi Anak Pendeta Usia Remaja. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani. 8(1). 77-88.

Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kuantitatif. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Istigfariani. A. (2021) Terapi Naratif untuk untuk Menumbuhkan Potensi Diri Remaja yang Putus Asa dalam Mencari Pekerjaan di Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya).

Kuswandari, K. Fauziah, M. Hartanto, D.Widyantoro, A(2022). ”Upaya Mengurangi Perilaku Agresif melalui Konseling Kelompok Naratif bagi Siswa Kelas VII SMP 1 Prambanan”.Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK ) ,4(4), 1098-1105

Martani, W. Swasti, K, I. (2013). Menurunkan Kecemasan Sosial melalui Pemaknaan Kisah Hidup. Jurnal Psikologi. 40(1).

Multisari.W, Zen .E.F, Hidayaturrahman.D, Rachmawati I. ( 2023 ).Peningkatan Kompetensi Konselor Melalui Pelatihan Konseling Naratif Bagi Guru Bimbingan dan Konseling. 5 ( 3 ) 1-8 .

Nuryono, Wiryono. 2012. Kefektivan Konseling Naratif Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Vol,13. No.1

Putri, Suwatah., ddk. (2023). Narrative Therapy Training To Improve The Skills Of Companions In Handling Victims Of Violence Again Women. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 13(1). 1-8.

Pramuaji. K.A, Sugiyarto.DYD, Mulawarman Mulawarman. Efektivitas Kelompok Pendekatan Narative dan Realitas Konseling Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri. 11 ( 3 ) 1-8

Rachmawati, Ajeng. (2015). “Penerapan Konseling Naratif untuk Mengurangi Tingkat Glossophobia Siswa Kelas X Sman 13 Surabaya. Penerapan Konseling Naratif Untuk Mengurangi Tingkat Glossophobia.

Ramlah. (2018). Pentingnya Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-mau'izhah. 1(1). 71-72.

Sari, Widya Juwita, dkk. (2017). Konseling Naratif untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. JUBK 6 (1) (2017) : 44 –48.

Saeka, Muhammad. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Nora Media Enterprise : Kudus.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

SurvivorsAditya Oktava M, Mulawarman M, Tengah J. (2022). The Effectiveness of Postmodern Approach Group Counseling: SFBC and Narrative Therapy in Improving Academic Resilience of Bullying. Jurnal Bimbingan Konseling .Vol ,11(3) 189-196.

Suryaningsih, ddk. (2022). Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan. Artikel. FKIP. Institut Agama Islam Nusantara Batanghari Jambi.

Tyas, P. H. P. (2015). Pendekatan Naratif dalam Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Mengelola Emosi. Jurnal Fokus Konseling.

Umami, Ida. (2014). Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan. STAIN Jurai Siwo Metro Lampung. Jl. Ki Hajar Dewantara 15 A Kampus Kota Metro Lampung.

Yusuf A. (2021). PENERAPAN KONSELING NARATIF UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY BELAJAR SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS

Zahrotina, V. (2019). Implementasi Konseling Islam Dengan Terapi Naratif Untuk Menangani Konsep Diri Negatif Seorang Remaja Di Panti Asuhan Babussalam Jemur Wonosari Surabaya. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Obor Indonesia.