1. Judul: judul ditulis tidak lebih dari 20 kata, menggunakan huruf kapital hanya pada huruf pertama setiap kata, ditulis tebal, 12 times new roman.

2. Abstrak terdiri dari latar belakang, tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian yang ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak ditulis dalam huruf times new roman 11 pt, spasi tunggal, dan tidak lebih dari 200 kata. Kata kunci terdiri dari 3 - 5 kata.

3. Sistematika penulisan artikel artikel penelitian (times new roman 12 pt): a. Pendahuluan: berisi pernyataan masalah penelitian, tinjauan literatur sebagai dasar perumusan masalah, dan tujuan penelitian. Bagian ini disajikan tanpa judul bagian dan disajikan dalam bentuk paragraf. b. Metode: Metode penelitian menjelaskan aplikasi dari prosedur diterapkan tentang bagaimana penelitian dilakukan. Bagian metode penelitian ini menggambarkan rancangan penelitian apakah dalam lingkup kuantitatif, kualitatif, Action Research, Survei, R&D, dan lain-lain. Metode juga terdiri dari sub-bagian yang meliputi pengumpulan data termasuk cara menentukan partisipan atau responden, sub bagian lainnya adalah analisis data. c. Hasil dan Diskusi: hasil dan diskusi ditulis secara terpisah. Namun terkadang menggabungkan keduanya diperbolehkan. Hasil berisi ringkasan data dari penelitian ini tanpa membahas implikasinya, ringkasan yang paling informatif dapat diringkas dalam tabel / grafik / gambar dan harus dijelaskan dalam teks. Substansi pembahasan dalam penelitian ini mengandung interpretasi data hasil penelitian yang berkaitan dengan teori / hasil penelitian sebelumnya guna mendapatkan makna data hasil dengan interpretasinya. Pada bagian ini penulis juga menjelaskan mengapa hasil penelitian ini berbeda dengan hasil penelitian orang lain. d. Kesimpulan: Kesimpulan menyajikan rangkuman penelitian berdasarkan hasil penelitian. Kesimpulan tidak disajikan dalam bentuk angka. Selain itu, di bagian ini berisi saran penulis untuk tindak lanjut bagi penelitian lebih lanjut. e. Ucapan Terimakasih: Berisi mengungkapkan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu menulis artikel dan proses pengumpulan data (Misalnya: kampus, subjek / objek yang diteliti, lembaga donor, dll.). f. Referensi: daftar rujukan yang diharapkan dari 70% dari sumber utama dari artikel penelitian nasional atau internasional yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir

4. Tabel dan gambar: contoh penyajian tabel dan gambar dapat di lihat dan di download pada menu template journal di laman muka.

5. Menulis kutipan dan daftar referensi yang ditulis dalam edisi keenam dari American Psychological Association (APA), diurutkan berdasarkan abjad dan kronologis, dapat ditulis secara manaual atau disarankan menggunakan aplikasi manajer referensi seperti Endnote, Zootero, atau Mendeley.

7. Segala sesuatu yang melibatkan lisensi kutipan atau penggunaan perangkat lunak komputer untuk pembuatan naskah atau masalah lain yang berkaitan dengan kekayaan intelektual yang ditulis oleh penulis artikel, bersama dengan segala konsekuensi hukum yang mungkin timbul darinya, akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari penulis artikel.

8. Dewan editorial berhak untuk menolak naskah berdasarkan masukan dari Reviewer dan membuat perubahan atau penyesuaian yang diperlukan terkait dengan penulisan tanpa mengubah substansi. Pengeditan substansial akan dikonsultasikan dengan penulis terlebih dahulu.