PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM POKOK BAHASAN PETA OBJEK GEOGRAFI KELAS VII A SMP NEGERI 1 KEPANJEN TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Nia Daniati Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jpig.v3i1.2926

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran geografi kelas VII SMP A Negeri 1 Kepanjen, (2) Untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepanjen. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terbukti dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepanjen, Berdasarkan hasil lembar observasi aspek afektif berfikir kreatif siswa pada siklus I rata-rata ketercapaian dari masing-masing aspek kemampuan berfikir kreatif siswa sebesar 68,75% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,13% rata-rata ketercapaian. Sedangkan berdasarkan  hasil angket aspek afektif berfikir kreatif siswa sebelum dilakukan tindakan kemampuan berfikir kreatif siswa sebesar 36,92%, pada siklus I sebesar 72,09%, dan pada siklus II sebesar 81,80%.

Downloads

Published

2019-02-07

How to Cite

Daniati, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM POKOK BAHASAN PETA OBJEK GEOGRAFI KELAS VII A SMP NEGERI 1 KEPANJEN TAHUN AJARAN 2013/2014. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 3(1), 214–220. https://doi.org/10.21067/jpig.v3i1.2926

Issue

Section

Articles