PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KESIAPAN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.21067/jpig.v2i2.3506Abstract
Kurikulum merupakan salah satu hal penting dalam sistem pendidikan Indonesia. Permasalahan pendidikan yang dihadapi sekarang membuat Kemendikbud menilai bahwa perlu dikembangkannya kurikulum baru, yaitu Kurikulum 2013. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru mengelola pembelajaran yang terdiri dari pemahaman terhadap siswa, perencanaan, implementasi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan mengaktualisasikan segenap potensi siswa. Kesiapan guru merupakan kesiapan sebagai agen pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dimana guru berperan mentransfer ilmu pengetahuan ke peserta didik. Untuk mengetahui faktor penentu keberhasilan Kurikulum 2013 khususnya kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 maka perlu dilaksanakan penelitian. Tujuan penelitian ini mengacu pada permasalahan yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kesiapan guru secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Penelitian ini mencari data empirik yang sistematik dan dalam penelitian ini peneliti tidak dapat mengontrol langsung variabel bebas karena peristiwanya telah terjadi dan menurut sifatnya tidak dapat dimanipulasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berjumlah 51 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif, uji prasyarat dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1). Kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap implementasi kurikulum 2013. (2). Kesiapan guru berpengaruh terhadap implementasi kurikulum 2013. (3). Kompetensi pedagogik dan kesiapan guru berpengaruh terhadap implementasi kurikulum 2013.