Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Kesesi -

Main Article Content

Sri Haryono

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran discovery pada pelajaran geografi kelas X SMA materi liosfer (2) Menganalisis peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran discovery pada materi litosfer mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan tahapan Kemmis & Tagart yang terdiri dari 4 tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS-5 SMA Negeri  1 Kesesi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 20%, dan pada siklus II menjadi 100% dengan indikator ketercapaian prestasi belajar melebihi dari yang ditetapkan yaitu 80% siswa dengan mendapat nilai minimal 75. (2) Aktivitas siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan nilai rata-rata dari 61,64 pada siklus I menjadi 70,39 pada siklus II.


Kata kunci:Hasil belajar, aktivitas siswa, pembelajaran discovery


The purpose of this study were (1) to analyze the increase in student learning outcomes in discovery learning in geography lessons in class X SMA, liosphere material (2) to analyze the increase in student activity in discovery learning on lithosphere material in geography subjects at SMA Negeri 1 Kesesi, Pekalongan Regency. This research is a classroom action research. The research design used the Kemmis & Tagart stages which consisted of 4 stages (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. The research sample was students of class X IPS-5 SMA Negeri 1 Kesesi. Data collection techniques using test techniques and observation sheets. The data analysis technique used descriptive analysis. The results of the study concluded that (1) Discovery learning models can improve student learning outcomes. This can be seen in the first cycle there was an increase to 20%, and in the second cycle it became 100% with the achievement indicator of learning achievement exceeding what was determined, namely 80% of students with a minimum score of 75. (2) Student activities in learning showed an increase in the average score. -the average from 61.64 in the first cycle to 70.39 in the second cycle.

Article Details

How to Cite
Haryono, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Kesesi: -. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 6(1), 61-73. https://doi.org/10.21067/jpig.v6i1.5347
Section
Articles

References

Alifuddin, A., Harudu, L., & Amaluddin, L. O. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol. 6(1), 1–9.
Arends, R. 2011. Belajar untuk Mengajar (Terjemahan oleh Helly Prajitno dan Sri Mulyantini).Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Hartono. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ekologis tentang Pencemaran Lingkungan Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Bulu Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol. 5(1), 149–158.
Malang, U. K., Token, T., & Malang, M. (n.d.). Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Pada Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan dalam Dinamika Listosfer Kelas X IPS. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.
Pujiank, S., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2016). Kemampuan Metakognisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2016–2022. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7413
Sani, R.A. 2015. Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugono. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Maslaah dengan Discoveryu Berbasi Proyek. Jurnal Dedikasi Pendidikan Vol. 4(2), 223–240.