Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai Eretan Jumharto Indramayu
Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai Eretan Jumharto Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.21067/jpig.v6i2.5916Keywords:
Pengembangan Daya Tarik Wisata, Pariwisata, Analisis SWOTAbstract
Pengembangan pariwisata di suatu daerah harus lebih diperhatikan karena pengembangan pariwisata akan menetukan bagi masa depan pariwisata itu sendiri dan bagi kesejahteraan masyarakat sekitar. Pantai Eretan Jumharto merupakan salah satu destinasi yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, masih membutuhkan perhatian khusus dan perlunya sebuah strategi untuk pengembangan wisata. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari destinasi wisata Pantai Eretan Jumharto, kemudian dari hasil analisis yang telah dilakukan, akan dirumuskan strategi untuk pengembangan destinasi wisata Pantai Eretan Jumharto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, data akan dianalisis secara deskriptif kemudian untuk menentukan strategi pengembangan destinasi wisata Pantai Eretan Jumharto dilakukan dengan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats). Data akan dikumpulkan melalui studi literatur, observasi serta dengan melakukan wawancara. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah strategi untuk pengembangan destinasi wisata Pantai Eretan Jumharto agar dapat berkembang lebih baik dan dapat bersaing dengan objek wisata lainnya.
References
Candana, M. D., & Afuan, M. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Cafe Dapoer Enha Sago Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Matriks SWOT Dan QSPM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 151–162. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.252
Fitriana, E. (2018). Strategi Pengembangan Taman Wisata Kum Kum Sebagai Wisata Edukasi Di Kota Palangkaraya. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 94–106. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p094
Putri, L. R. (2020). Pengaruh Pariwisata terhadap Peningkatan PDRB Kota Surakarta. Cakra Wisata, 21(1), 43–49.
Rachmiatie, A., Fitria, R., Suryadi, K., & Ceha, R. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata Halal Studi Kasus Implementasi Halal Hotel Di Indonesia Dan Thailand. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 4(1), 55–74. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v4i1.5256
Sekarsari, R. W., Fabiola, J. D., Hidayatullah, R., Oktaviana, D., Ma’arif, S. D., Riansyah, I. A. S., Giofany, M., Rokhmawati, I. N., Agestwo, R., Putra, A. D., & Sahroni, A. (2020). Meningkatkan Potensi Sumber Daya Alam Untuk Mewujudkan Desa Wisata. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 153. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6509
Setyanto, I., & Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata (4A) terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung. Jurnal Administrasi Bisnis, 72(1), 157–167. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2850
Suardi, W. (2017). Catatan Kecil Mengenai Desain Riset Deskriptif Kualitatif. JURNAL EKUBIS, 2(1).
UNWTO. (2020). Tourism – an economic and social phenomenon: Why Tourism?
Wasistiono, S., & Tahir, M. I. (2007). Prospek pengembangan desa. CV. Fokusmedia.