Pelaksanaan Pembelajaran Masa New Normal pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun 2022

Authors

  • Lilis Suparti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Pranichayudha Rohsulina Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Ary Wijayanti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • MS. Khabibur Rahman Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.21067/jpig.v7i2.7255

Keywords:

pembelajaran, new normal, geografi

Abstract

Masa pandemi covid 19 pemerintah Indonesia membuat kebijakan sesuai edaran Kemdikbud Nomor 4 Tahun 2020 bahwa pembelajaran selama pandemi dilakukan secara daring(online). Guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran dan cenderung fokus dalam penuntasan kurikulum dikarenkan kesulitan dalam mengelola pembelajaran.  Pelaksanaan masa new normal berdampak pada dunia pendidikan, Pembelajaran harus tetap berlangsung dengan baik meskipun dilakukan pada masa new normal, sehingga pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Masa New Normal  pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS  SMA Negeri 1 Tawangsari. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Masa New Normal dalam pelaksanaan pembelajaran komponen -komponen yang ada pada tiap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup sudah terlaksana, adanya pembelajaran pada masa new normal hasil prestasi peserta didik meningkat.

Author Biographies

Pranichayudha Rohsulina, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Ary Wijayanti, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

MS. Khabibur Rahman, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Adawiyah, R., Isnaini, N. F., Hasanah, U., & Faridah, N. R. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(5), 3814–3821. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1435

Arikunto, S. (1983). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Bina Aksara.

Bidang, K., Pendidikan, K., & Negeri, D. (2022). SE Menteri Nomor 2 Tahun 2022. 2–3.

Herawati, D., & Supriyadi. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Journal of Language Education, Linguisties, and Culture, 1(2).

Khairunisa, & dkk. (2022). IPS DIKDAS: Kumpulan Makalah Perkuliahan Mahasiswa S1 Kelas I/D Program ... - Khairunisa, dkk. - Google Buku. https://books.google.co.id/books?id=9ltcEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA91&dq=buku+bintarti+pembelajaran+geografi&hl=id&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=buku bintarti pembelajaran geografi&f=false

Masitoh, D. (2019). Model Pembelajaran PAILKEM Sebagai Upaya Mengembangkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 92–97. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.646

Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Era New Normal Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika, 13, 160–167.

Meleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian. PT Remaja Rosdakarya.

Nur, A. S. (2021). Potret Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi : Tantangan dan Peluang THE Mathematics Learning Portrait During Pandemic : Challenges and Opportunities. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 27–35.

Pattangan, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi pada SMK Kristen Tagari. 10(02).

Permendikbud. (2016). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 1–15.

Rachman, M., Utomo, C. B., Wardhani, N. W., & Wijayanti, T. (2019). Kapita Selekta Teori Pisau Analisis Hasil Penelitian. LPPM UNNES.

Rifai, Muh Husain. (2017). Pemilihan media dalam pembelajaran geografi. Jurnal Edudikara, 2(2), 125–136.

Rifai, Muh Husyain, & Wijayanti, A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geografi SMA the Use of SMA Geographic Learning Media in District Karanganyar. Jurnal Edudikara, 2(September), 210–216.

Rohsulina, P., Hidayat, A., Rahman, M. K., Rahmawati, T., & Kurniaaji, B. (2022). GIS application for spatial analysis of public health centres in response to Covid-19 pandemic GIS application for spatial analysis of public health centres in response to Covid-19 pandemic. International Conference on Disaster Management and Climate Change. https://doi.org/10.1088/1755-1315/986/1/012061

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran - Google Books. 235. https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_Pembelajaran/mKhADwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Internet+didefinisikan+sebagai+dua+komputer+atau+lebih+yang+memiliki+konektivitas+membentuk+jaringan+komputer+hingga+meliputi+jutaan+komputer+di+dunia+secara+global+(

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-09-16

How to Cite

Suparti, L., Rohsulina, P., Wijayanti, A., & Rahman, M. K. . (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Masa New Normal pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun 2022. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 7(2), 125–136. https://doi.org/10.21067/jpig.v7i2.7255

Issue

Section

Articles