Partisipasi Masyarakat dalam Menjaga Kualitas Lingkungan Permukiman di Kelurahan Bandungrejosasi Kecamatan Sukun Kota Malang

Authors

  • Norberta Bwarlele a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas PGRI Kanjuruhan Malang";}
  • Dwi Kurniawati
  • Ika Meviana

DOI:

https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7893

Keywords:

partisipasi masyarakat, kualitas lingkungan permukiman

Abstract

Masyarakat merupakan salah satu aktor pembangunan, yang memiliki peran penting dalam menentukan kualitas lingkungan, baik sikap maupun perilaku masyarakat yang membawa dampak terhadap kualitas lingkungan permukiman. Tujuan dalam penelitian ini, untuk: (1) mengidentifikasi bentuk partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas lingkungan permukiman dikelurahan Bandungrejosari, (2) mengidentifikasi kualitas lingkungan permukiman yang ada dikelurahan Bandungrejosari, (3) mengidentifikasii faktor yangg memperngaruhi partisipasii masyarakatt dalam meningkatkan kualitass lingkungann permukimann dikelurahan Bandungrejosari. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dari hasil wawancara, dan data skunder diperoleh dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif.

Hasil penelitian dapat disimpulan bahwa bentuk partisipasi masyarakat yaitu partisipasi dalam bentuk tenaga, harta/benda, keahlian/ketrampilan dan bentuk uang, indikator kualitas lingkungan permukiman dari indikator banjir dikategorikan jelek, sedangkan indikator lainnya seperti air bersih/air minum, sampah, dikategorikan baik. Dan faktorr yangg mempengaruhii partispasi masyarakatt yaitu pendapatan, ketersediaann saranaa prasarana peran tokoh masyarakat, sangat berpengaruh dalam menjaga kualitas lingkunagan permukiman. Pada pihak kelurahan penulis menyarankan agar memberikan sosialisasi dan penyuluhan bagi masyarakat untuk memecahkan masalah sosial atau gejala-gejala sosial yang terdapat disekitar lingkungan masyarakat agar tingkat partisipasi meningkat dalam menjaga kualitas lingkungan permukiman. Pada masyarakat penulis menyarankan untuk selalu memperhatihan kebersihan sekitar aliran sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan dan untuk mengatasi banjir yang sering terjadi dilokasi penelitian.

References

Handayani, Sri 2008. Partisipasi Masyarakat Kampung Kota Untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan Permukiman (Kasus: Permukiman Kampung Kota Di Bandung). Bogor: Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Juliwanti, 2014. Partisipasi Masyarakat Dalam Menjaga Kualitas Lingkunagn Permuliman Di Kecamatan Beleendah. Program Studi Pendidikan Geografi, SPs UPI Bandung.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Soemarwoto, Otto, 2004. Ekologi Lingkungan Hidupdan Pembangunan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005)

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Bwarlele, N., Kurniawati, D., & Meviana, I. (2023). Partisipasi Masyarakat dalam Menjaga Kualitas Lingkungan Permukiman di Kelurahan Bandungrejosasi Kecamatan Sukun Kota Malang. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 8(1), 39–45. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7893

Issue

Section

Articles