Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pencuci Pakaian Rinso
Main Article Content
Abstract
Citra merek dan kualitas produk merupakan syarat yang sangat kuat dalam pengambilan keputusan pembelian. Apabila konsumen memiliki kesan yang positif terhadap citra merek dan kualitas produk tersebut maka diharapkan konsumen tetap membeli dan menggunakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Penguatan citra merek dan kualitas produk dimata konsumen ini juga dipakai oleh perusahaan-perusahaan untuk memperkuat posisinya dalam peta persaingan deterjen yang ada dipasaran di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sabun pencuci pakaian rinso. Pada penelitian ini, variabel yang digunakan adalah citra merek (X1) dan kualitas produk (X2). Kedua variabel tersebut diuji pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Sampel yang digunakan adalah warga di Jl. Kepuh Gang 6 Kel. Bandungrejosari Kec. Sukun Kota Malang yang berjumlah 150 orang, yang dipilih menggunakan metode Random Sampling. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis menunjukkan, Variabel citra merek(X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini muncul karena citra merek yang positif terbentuk dibenak konsumen tentang deterjen rinso tersebut. Variabel kualitas produk (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dikarenakan kualitas produk sangat menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian. Bahwa dengan produk yang berkualitas dan mempunyai keunggulan yang berbeda dengan yang lain, maka konsumen akan tertarik dan akan melakukan pembelian.   Besarnya pengaruh variabel citra merek (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y)  dipengaruhi oleh citra dan kualitas yang positif yang terbentuk dibenak konsumen.
Article Details
How to Cite
Ermawati, E. (2013). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pencuci Pakaian Rinso. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 1(1). Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/24
Section
Articles