PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, MOTIVASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS TANAMAN PANGAN HOLTIKULTURA DAN PERKEBUNAN KABUPATEN MALANG

Main Article Content

Hanun Syarifatul Aini
Dianawati Suryaningtyas
Sri Wilujeng

Abstract

: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Motivasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang. Kinerja pegawai Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang perlu untuk di tingkatkan dan dikembangkan lagi demi kemajuan organisasi.  Jenis data yang digunakan adalah data primer, sumber data adalah  kuantitatif, populasi yang diambil adalah seluruh pegawai tetap Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang. Menggunakan Teknik sampling menggunakan sample jenuh yang diperoleh 35 responden. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden diukur dengan skala likert dan teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda dengan SPSS. Berdasarkan hasil analisis bahwa pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokrasi, Motivasi dan Komunikasi secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai. Gaya Kepemimpinan Demokratis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai , Motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai dan Komunikasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Kekurangan dari penelitian ini adalah keterbatasan dari akses data yang dibatasi oleh pihak Dinas,  peneliti kurang di beri kebebasan dalam meminta data kepegawaian organisasi yang meliputi data pribadi pegawai. untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan potensi yang perlu ditingkatkan lagi, peneliti selanjutnya harus bisa melihat kondisi yang sedang di alami perusahaan atau organisasi seperti mengembangkan variable lain seperti komitmen, kedisiplinan, dan manajemen talenta.

Article Details

How to Cite
Syarifatul Aini, H. ., Suryaningtyas, D. ., & Wilujeng, S. (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, MOTIVASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS TANAMAN PANGAN HOLTIKULTURA DAN PERKEBUNAN KABUPATEN MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.21067/jrmm.v6i2.5223
Section
Articles

References

Alam, S. (2014). Pengaruh Komunikasi, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.
Sasongko dan Parulian. (2011). Jurnal 5. In Anggaran (Vol. 6, Issue 1, pp. 13–14).
Kurniawan, M. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Percetakan Dimas Kota Palembang.
Nafarin, M. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Pegawai Di Cv Anugerah Jaya. In Penganggaran Perusahaan.
Natsir, M. (2016). Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening.
Nopitasari, E., & Krisnandy, H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Motivasi Intrinsik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pt Pangansari Utama Food Industry.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Suharsono, Riyanto ; Rahmasari, G. P. A. (2016). Jurnal 1. In Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Cost of Capital (COC) Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai (Vol. 109, Issue 1, pp. 109–119).
Syarah, M. F. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Gramedia Asri Media Cabang Emerald Bintaro.
Wijanarka, A. B. (2018). Pengaruh Komunikasi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai.