ANALISIS PENGARUH CITRA DESTINASI, LOKASI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI OBJEK WISATA KAMPOENG HERITAGE KAJOETANGAN MALANG

Main Article Content

Siti Mahfudhotin
Iva Nurdiana Nurfarida
Candra Wahyu Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Destinasi, Lokasi dan Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang di Wisata Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non Probability Sampling. Teknik non Probability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Metode pengambilan sampelnya dengan cara accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Data diambil menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dari uji t dapat dijelaskan bahwa citra destinasi, lokasi dan media sosial secara persial berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, dimana masing-masing variabel independen (citra destinasi, lokasi dan media sosial) memiliki nilai t sig < 0,05. Berdasarkan hasil analisis uji F dapat dijelaskan bahwa citra destinasi, lokasi dan media sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali, dimana nilai F sig sebesar 0,000 < 0,05. Dari ketiga variabel independen tersebut variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali adalah variabel citra destinasi.

Article Details

How to Cite
Mahfudhotin, S. ., Nurdiana Nurfarida, . . I. ., & Wahyu Hidayat, C. . (2021). ANALISIS PENGARUH CITRA DESTINASI, LOKASI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI OBJEK WISATA KAMPOENG HERITAGE KAJOETANGAN MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.21067/jrmm.v6i2.5226
Section
Articles

References

Abdillah, Yusri & Rizkiah Isnaini, 2018, Pengaruh Citra Merek Destinasi terhadap Keputusan berkunjung dan Kepuasan Pengunjung serta dampaknya pada Minat Kunjung Ulang. Jurnal Administrasi Bisnis, 124. (Hidayat & Maskuri Sutomo, 2017)
Anwar, Suroyo, 2009, Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interview,. Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi, 2012, Prosedur Penelitian.Jakarta:n Rineka Cipta.
Ayuningtyas & Achmad Fauzi Dh Inggang P, Athika Sri, 2019, Pengaruh Terpaan Media Sosial Terhadap Keputusan Berkunjung dengan Citra Destinasi sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis, 47-48.
Edy Herman & Handry Sudiartha Athar, Lalu 2018, Pengembangan Model Social Media Marketing Dan Keputusan Berkunjung: Sebuah Pendekatan Konseptual. Jurnal Ilmu Komunikasi, 148.
Azwar, Saifuddin, 2010, Metode Penelitian, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Ferdinand, Augusty, 2014, Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hidayat & Maskuri Sutomo, T. T. 2017, Pengaruh Aksesibilitas dan Citra Destinasi terhadap Niat berkunjung kembali. Jurnal Ilmu Manajemen, 202-203.
Kotler, Philip and Gary Armstrong, 2012, Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2012, Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Ma’rifatun, S. 2018, Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 3.
Mahmudah, Charir, 2019, Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Berwisata dan Implikasinya terhadap Keinginan untuk berkunjung pada Objek Wisata Pantai Gemah Tulungagung. 2.
Mileva & Achmad Fauzi DH, L. 2018, Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 191.
Ratnaningrum Suwarduki , Puspa & Edy Yulianto & M. K. 2016, Pengaruh electronic Word of Mouth terhadap Citra Destinasi serta dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis , 3-4.
Sarwono, 2009, Metodologi Penelitian, Graha ilmu, Yogyakarta.
Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono2015, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. 2014, Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. 2015, Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakata
https://www.jawapos.com/features/13/08/2019/kayutangan-kampung-heritage-jujukan-wisatawan/