PENGARUH KEPUASAN KERJA, STRES KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PG. KEBON AGUNG MALANG

Main Article Content

Bulan Fatma
Dianawati Suryaningtyas
Andi Graha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, stres kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan PG. Kebon Agung Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan penelitian explanatory research, jenis ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket atau kuesioner. Populasi dan sampel yang peneliti gunakan yakni di PG. Kebon Agung Malang dengan populasi sebanyak 222 karyawan tetap dengan pengambilan sampel sebesar 69 orang karyawan tetap, teknik yang digunakan menggunakan proposional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepuasan kerja, stres kerja dan beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan di PG. Kebon Agung Malang. Artinya semakin tinggi kepuasan kerja dan menurunnya stres kerja serta beban kerja karyawan dimiliki PG. Kebon Agung Malang maka semakin baik pula ketiga variabel mempengaruhi kinerja yang ada di perusahaan. Disarankan untuk perusahaan agar tetap meningkatkan kepuasan kerja karyawan serta mengurangi resiko stres dan beban kerja karyawan yang dapat mempengaruhi peningkatan kinerja karyawan. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan melakukan penelitian menggunakan variabel yang berbeda, misalnya motivasi, gaya kepemimpinan dan disiplin kerja, yang termasuk mempengaruhi kinerja yang belum di teliti dalam penelitian.

Article Details

How to Cite
Fatma, B., Suryaningtyas, D., & Graha, A. (2021). PENGARUH KEPUASAN KERJA, STRES KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PG. KEBON AGUNG MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21067/jrmm.v7i1.5392
Section
Articles

References

Dhania, R. D. 2010. Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Medical Resprentatif di Kota Kudus). Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus. Volume 1, Desember 2010, (Online), (http://eprints.umk.ac.id), tanggal akses 30 November 2019.
Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE UGM.
Iskandar, S., Sembada, G, G. 2012. Pengaruh Beban Kerja, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bank BJB cabang Padalarang. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Enterpreneurship, vol. 6, No. 1, hlm 26-38. STIE Pasundang Bandung. (Online), (http://jurnal.stiepas.ac.id), diakses 30 November 2019.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Resdokarya: Bandung.
Robbins, S.P dan Judge T.A. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Tarwaka, 2015. Ergonomi Industri Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi Dan Aplikasi Di Tempat Kerja, Surakarta: Harapan Pers.
Tunjungsari, P. 2011. Pengaruh Stress Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Vol. 1 No. 1, Maret 2011. Universitas Komputer Indonesia (Online), (https://repository.unikom.ac.id), di akses tanggal 30 November 2019.
Wilson. Bangun. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga.