PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN KARYAWAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH TIRTA KANJURUHAN KABUPATEN MALANG

Main Article Content

Vina Juniyar Sri Tiyanti
Sri Wilujeng
Andi Nu Graha

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari variabel budaya organisasi, komitmen karyawan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Umum Daerah Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang dengan menggunakan pendekatan pada jenis penelitian kuantitatif. Data diambil dari sumber data primer hasil observasi, wawancara serta penyebaran kesioner dengan menggunakan instrumen penelitian skala likert. Penyebaran kuesioner dilakukan pada karyawan tetap dengan sampel yang berjumlah 86 responden dan menggunakan teknik proporsional sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda yang digunakan untuk mengukur pengaruh variabel bebas yaitu budaya organisasi, komitmen karyawan dan pengembangan karir terhadap variabel terikat yaitu kinerja karyawan melalui uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi, komitmen karyawan dan pengembangan karir melalui uji F secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan pada uji t secara parsial semua variabel juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Article Details

How to Cite
Juniyar Sri Tiyanti, V., Wilujeng, S., & Nu Graha, A. (2021). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN KARYAWAN DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH TIRTA KANJURUHAN KABUPATEN MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21067/jrmm.v7i1.5395
Section
Articles

References

Djamaludin, Musa. 2009. Pengaruh Komitmen Organisasional, Pengembangan Karir, Motivasi Kerja dan Karakteristik Individual terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur. DIE-Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, Vol. 5, No. 2, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Fitria, Luh Ni ADY. 2018. Pengaruh Motivasi dan Komitmen terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3, No. 1, Universitas Warmadewa.
Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.
Noor, Arifin Zainul. 2012. Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 16, No. 4, Universitas Achmad Yani Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Robbins, Stephen. P. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
& Judge Timothy A. 2015. Organizational Behavior, Edisi 16, Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2014. d. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triatna, Cepi. 2015. Perilaku Organisasi Dalam Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.