Analisis Personal Selling Terhadap Minat Konsumen Berinvestasi (Studi Pada PT. Central Capital Futures Malang)

Main Article Content

Maulidi Bin Zelih, Andi Nu Graha, Hendy Hermawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah personal selling secara parsial berpengaruh terhadap minat konsumen; dan apakah personal selling secara simultan berpengaruh terhadap minat konsumen berinvestasi. Pada penelitian ini, variabel yang digunakan yaitu variabel  professionalism (X1), negosiasi (X2), relationship marketing (X3), selling person role, (X4) dan managerial (X5). Kelima variabel tersebut diuji pengaruhnya terhadap minat konsumen (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Sampel yang digunakan adalah nasabah PT. Central Capital Futures Malang yang berjumlah 100 orang, yang dipilih dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profesionalisme, negosiasi, relationship marketing, selling person role, dan managerial secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen yang mempunyai nilai sebesar 0,000<0,05. Pada uji t hanya kedua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen dengan variabel profesionalisme memiliki nilai sebesar 0,031 dan variabel managerial memiliki nilai sebesar 0,000, sedangkan tiga variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen yaitu negosiasi karena memiliki nilai sebesar 0,427>0,05. Dan variabel relationship marketing karena memiliki nilai sebesar 0,110>0,05. Dan variabel selling person role karena memiliki nilai sebesar 0,057>0,05. Besarnya pengaruh variabel professionalism (X1), negosiasi (X2), relationship marketing (X3), selling person role, (X4) dan managerial (X5) terhadap minat konsumen(Y) dipengaruhi oleh marketing yang handal dan professional.


Article Details

How to Cite
Andi Nu Graha, Hendy Hermawan, M. B. Z. (2013). Analisis Personal Selling Terhadap Minat Konsumen Berinvestasi (Studi Pada PT. Central Capital Futures Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/610
Section
Articles