PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) MALANG

Main Article Content

Dian Tri Wahyuni, Irma tyasari, Ida Nuryana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel harga dan promosi terhadap peningkatan jumlah pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif yang bersifat verifikatif, adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan didapatkan sebanyak 74 responden. Data diperoleh melalui distribusi kuesioner dengan teknik penilaian Skala Likert 1-5. Uji validitas kuesioner dilakukan menggunakan korelasi product moment, sementara uji reliabilitas dilakukan dengan Alpha Cronbach.  Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa hasil uji t menunjukkan bahwa untuk variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah pelanggan (2,449 > 1,66629), sedangkan untuk variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah pelanggan (0,196 < 1,66629)  . Sedangkan Rsquare sebesar 0,101 yang berarti peningkatan jumlah pelanggan secara bersama-sama dipengaruhi oleh harga dan promosi pada PT Pos Indonesia (Persero) Malang (4,010) > (2,50) dan sisanya didukung oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Irma tyasari, Ida Nuryana, D. T. W. (2014). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/616
Section
Articles