STRUKTUR KEPEMILIKAN ASING, STRUKTUR KEPEMILIKAN DOMESTIK, DAN NILAI TUKAR USD/IDR TERHADAP VOLATILITAS SAHAM (PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2016-2018)

Main Article Content

Ade Ela Pratiwi
Vinus Maulina
Rita Indah Mustikowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari proporsi kepemilikan asing, proporsi kepemilikan domestik, dan nilai tukar terhadap volatilitas saham pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia periode 2016-2018. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang terpilih pada penelitian ini sebanyak 25 perusahaan dari sektor industri dasardan kimia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan seumber data sekunder. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan model analisis regresi linierberganda. Variabel independen pada penelitian ini adalah struktur kepemilikan asing, stuktur kepemilikan domestik, dan nilai tukar, sedangkan variabel dependennya adalah volatilitas saham. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi kepemilikan asing mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap volatilitas saham. Hal ini menyatakn bahwa peningkatan pada proporsi kepemilikan asing dapat mempengaruhi dari peningkatan volatilitas saham. Variabel kepemilikan domestik dan nilai tukar tidak mempunyai pengaruh yang signifiakan terhadap volatilitas saham.

Article Details

How to Cite
Ela Pratiwi, A., Maulina, V. ., & Indah Mustikowati , R. . (2022). STRUKTUR KEPEMILIKAN ASING, STRUKTUR KEPEMILIKAN DOMESTIK, DAN NILAI TUKAR USD/IDR TERHADAP VOLATILITAS SAHAM (PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA PERIODE 2016-2018) . Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.21067/jrmm.v7i2.6471
Section
Articles

References

Akbar, Caesar. 2019. Lima Negara ini paling banyak tanam investasi di Indonesia di https://bisnistempo.co (diakses pada 08 Januari 2020)
Aloui, Jarboui. 2019. Does domestic institutional ownership increase return volatility? French context, international journal of law and management. Vol 10
Ekananda, mahyus. 2014. Ekonomi internasional. Jakarta: Erlangga
Ilmiyono, agung F. 2017. Pengaruh kinerja keuangan dan faktor ekonomi makro dalam memprediksi volatilitas harga saham perusahaan subsector industri food and beverage. Jurnal ilmiah akuntansi fakultas ekonomi. Vol. 3(1)
Kohar, ahmar dan suratno. 2018. Sensivitas faktor ekonomi makro dan mikro dalam memprediksi volatilitas harga saham perusahaan sector industri food and beverage. Jurnal ilmiah akuntasi fakultas ekonomi. Vol 4(1)
Movanita, ambaranie. 2019. Per mei 2019, investor pasar modal Indonesia mencapai 1,9 juta di https://amp.kompas.com (di akses pada 10 januari 2020)
Nuryasmin, yessica. 2017. Determinan harga saham property dan real estat di bursa efek Indonesia. Jurnal manajemen. Vol 21(02)
Perundang-undangan no.25 tahun 2007 tentang penanaman modal
Ramdani, Diana dan mawardi. 2019. Analisis pengaruh kepemilikan institusi asing terhadap volatilitas return saham di bursa efek Indonesia tahun 2014-2017. Jurnal ilmiah riset akutansi. Vol (03)
Romli, wulandari, pratiwi. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi volatilitas harga saham pada PT. waskita karya tbk. jurnal ilmiah ekonomi global masa kini. vol. 8(1)
Sartono, agus. 2020. Manajemen keuangan teori dan aplikasi. Yogyakarta: BPFE
Scott, W. R. 2012. Financial accounting theory 6th edition. Toronto: pearson education Canada
Soemitra, andri. 2014. Masa depan pasar modal syariah di Indonesia. Jakarta: prenada media
Sudirman. 2015. Pasar modal dan manajemen portofolio. Gorontalo: sultan amai press iain sultan amai gorontalo
Suwanda, hary. 2013. Tetap untung ketika saham turun. Jakarta: gramedia pustaka utama
Ta van-dai, liu chuan-ming. 2016. Stock market analysis using clustering techniques: the impact of foreign ownership on stock volatility in Vietnam. Journal of multinational financial management. Vol 12(70)
Vo, xuan vinh. 2015. Foreign ownership and stock return volatility-evidence from Vietnam. Journal of multinational finance management. Vol 3(4)