PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA MALANG

Main Article Content

Allowisia Rikarling
Endi Sarwoko
Kristina Sedayastuti

Abstract

Sumber daya manusia mempunyai peran strategis sebagai penentu berhasil tidaknya pencapaian kinerja dalam suatu organisasi. Keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi melaksanakan tugas dan fungsinya berhubungan erat dengan para pelaku organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah disiplin kerja, dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kota Malang. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan sampel sebanyak 50 orang memakai teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, koefisien  determinasi, uji signifikan simultan (F), dan uji signifikan parsial (t). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan disiplin kerja dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Pertanahan Kota malang, dan secara parsial disiplin kerja dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pada Kantor Pertanahan Kota Malang

Article Details

How to Cite
Rikarling , A. ., Sarwoko , E. ., & Sedayastuti , K. . (2022). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.21067/jrmm.v7i2.6474
Section
Articles

References

Dwipayana, M. A. (2014). Pengaruh Dislipin Kerja, Motivasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada Percetakan Sadha Jaya di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(1), 225–242.
Harlie, M. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), 860–867.
Hasibuan, M. S. P. (2004). Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Rajawali Press
Kasmir, D. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). PT. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Katiandagho, C., Mandey, S. L., Mananeke, L., Ekonomi dan Bisnis, F., & Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, J. (2014). Pengaruh Disiplin Kerja Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pt. Pln (Persero) Wilayah Suluttenggo Area Manado. Pengaruh Disiplin Kerja. 1592 Jurnal EMBA, 2(3), 1592–1602.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2000). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya.
Mathis, R L, & Jackson, J. H. (2009). Manajemen sumber daya manusia.(terj. Diana Angelica). Jakarta: Salemba Empat.
Moenir, A. S. (2010). Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Bumi Aksara.
Rivai, V., & Sagala, E. J. (2009). Manajemen sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, edisi kedua. Penerbit: Rajawali Pers, Jakarta.
Robbins, S. P. (2012). Organizational Behaviour, Twelve Edition (Perilaku Organisasi Edisi Keduabelas), Alih Bahasa Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rasyid. Jakarta: Salemba Empat.
Sajangbati, I. A. S. (2013). Motivasi, disiplin, dan kepuasan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai pt. Pos Indonesia (persero) cabang Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).
Setiawan, A. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerjakaryawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(4).
Siagian, S. P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia, cet. IX. Jakarta: Bumi Aksara.
Siagian, S. P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia edisi satu, cetakan kesepuluh. Jakarta: Bumi Aksara.
Simamora, H. (2004). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Populasi, Sampel, Pengujian Normalitas Data. Bandung: Alfabeta.
Supardi, A. S. (2004). Dasar-Dasar Perilaku Organisasi (Cet. 2). Yogyakarta: UII Press.
Susanty, A., & Baskoro, S. W. (2012). Pengaruh motivasi kerja dan gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja serta dampaknya pada kinerja karyawan (studi kasus pada pt. Pln (persero) apd semarang). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 7(2), 77–84.
Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.