PENGARUH JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DI DINAS PENDIDIKAN KOTA MOJOKERTO

Main Article Content

Ulfa Meilia
Endang Suswati
Fitria Ariyani

Abstract

Motivasi kerja pegawai sangat dibutuhkan dalam peningkatan kinerjanya. Seseorang yang mempunyai motivasi tinggi, akan bekerja keras, mempertahankan langkah kerja keras, dan memiliki perilaku yang dapat dikendalikan sendiri ke arah sasaran–sasaran penting. Dengan demikian motivasi tinggi yang dimiliki seorang pegawai dalam bekerja akan menghasilkan kinerja yang tinggi pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jabatan fungsional guru terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan mengetahui pengaruh jabatan fungsional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada Dinas Pendidikan Kota Mojokerto. Metode penelitian menjelaskan bahwa lokasi penelitian dilakukan di Dinas Pendidikan Kota Mojokerto yang terletak di Jalan Benteng Pancasila No. 244 Kota Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah sebanyak 47 orang guru PNS di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Mojokerto. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa jabatan fungsional guru secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, motivasi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan jabatan fungsional guru dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja guru. Hendaknya Dinas Pendidikan Kota Mojokerto dapat menyelenggarakan kegiatan berupa sosialisasi ataupun bimbingan teknis yang berisikan tentang motivasi kepada guru-guru untuk dapat meningkatkan kinerjanya agar dapat menciptakan generasi-generasi anak didik yang lebih baik untuk masa depan bangsa dan negara.

Article Details

How to Cite
Meilia, U. ., Suswati, E. ., & Ariyani , F. . (2022). PENGARUH JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU DI DINAS PENDIDIKAN KOTA MOJOKERTO. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.21067/jrmm.v7i2.6478
Section
Articles

References

A.M, Sardiman. 2000. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Agustiawan. 2014. Pengaruh Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Pustakawan Terhadap Peningkatan Motivasi Kinerja Pustakawan di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Tesis Magister Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
Akdon, dan Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung : Alfabeta.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Aritonang, Keke T. 2005. Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja Guru dan Kinerja guru SMP Kristen BPK Penabur. Jakarta.
Basri¸ A. F. M., dan Rivai¸ V.2005. Performance Appraisal. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.
Dharma, Agus. 2003. Manajemen Supervisi: Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariandja, Marihot T.E. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.
Harlie, M. 2012. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan.
Hasibuan, Malayu SP. 2005. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mathis, R.L. & J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.
Moh Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.
Singarimbun, Masri & Sofian Effendi. 2006. Metode Penelitian Survai. Jakarta : Pustaka LP3ES Indonesia
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosadakarya.
Supomo, Bambang dan Indriantoro, Nur. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Wibowo, Felicia Dewi, 2006. Analisis Pengaruh Peran Kepemimpinan dan Pengembangan Karir terhadap Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PT. Bank Maspion Indonesia Cabang Semarang). Tesis Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Diponegoro.