PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Study pada konsumen KEDAI KAMPOENG COFFEE Klayatan III Sukun, Malang)

Main Article Content

Wijayanti Dwi Nengsih
Rusno
Candra Wahyu Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh  word of mouth terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (study pada kedai kampoeng coffee Klayatan III Malang). Pengambilan sampel penelitian ini adalah metode simple random sampling. Simple random sampling adalah metode penarikan dari sebuah populasi dengan cara tertentu sehingga setiap anggota populasi tadi memiliki peluang yang sama untuk terpilih atau terambil. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner. Responden pada penelitian ini sebanyak 100 konsumen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan path analysis. Variabel eksogen dalam penelitian ini word of mouth (X) variabel endogen keputusan pembelian (Y2) dan minat beli (Y1). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial word of mout berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan word of mout berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian

Article Details

How to Cite
Dwi Nengsih, W. ., Rusno, & Wahyu Hidayat, C. . (2022). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Study pada konsumen KEDAI KAMPOENG COFFEE Klayatan III Sukun, Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 9(2). https://doi.org/10.21067/jrmm.v7i2.6481
Section
Articles

References

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Pramono. 2012.Pertimbangan Minat beli Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.
Kotler dan Armsrong. 2014. Marketing Management. Edisi Keempat belas. Global Edition : Pearson Edition.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Robert East, Kathy Hammond dan Wendy Lomax (Measuring the impact of positive and negative word of mouth on brand purchase probability) © 2008 Elsevier B.V. All rights reserved.
Saad Aslam, Ehtisham Jadoon dan Khalid Zaman (Effect of Word of Mouth on Consumer Buying Behavior) MCSER-Mediterranean Center of Social and Educational Research Rome, Italy, 2011 www.mcser.org
Schiffman dan Kanuk. 2009. Keputusan pembelian Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Schiffman, dan Kanuk, Leslie L. 2014. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Buchari, Alma, 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.
Christy M.K. Cheung dan Matthew K.O. Lee and Neil Rabjohn (The impact of electronic word-of-mouth The adoption of online opinions in online customer communities) Internet Research Vol. 18 No. 3, 2008
Do-Hyung Park dan Sara (Kim The effects of consumer knowledge on message processing of electronic word-of-mouth via online consumer reviews) D.-H. Park, S. Kim / Electronic Commerce Research and Applications 7 (2008) 399–410