KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERTUMBUHAN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Main Article Content

Maria Generasi Kerans
Sugeng Hariyanto
Irma Tyasari

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh keputusan pendanaan dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan dengan pertumbuhan laba sebagai variabel moderasi. Pada keputusan pendanaan, DER digunakan sebagai alat ukur. DPR digunakan untuk mengukur kebijakan deviden. Sedangkan untuk pengukuran nilai perusahaan menggunakan PBV dan pertumbuhan laba diukur dengan earning growth. Pada penelitian ini populasi penelitian yaitu perusahaan yang bergerak dalam industri barang dan konsumsi pada tahun 2017-2020 dan telah terdaftar dalam BEI. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling yang didapat sebanyak 8 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tidak ada pengaruh antara keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan, sedangkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan laba dinilai mampu untuk memoderasi antara keputusan pendanaan dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan.

Article Details

How to Cite
Generasi Kerans, M. ., Hariyanto, S. ., & Tyasari, I. . (2022). KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERTUMBUHAN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 10(1). https://doi.org/10.21067/jrmm.v8i1.7170
Section
Articles

References

Hidayah, N., & Widyawati, D. (2016). Pengaruh Profitabilitas , Leverage , Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverages. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(0), 1–19.
Sudiani, N., & Darmayanti, N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. None, 5(7), 245861.
Suwardika, I., & Mustanda, I. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. None, 6(3), 254488.
Muharti, A. R. (2017). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan ( Studi Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014 ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 142–155.
Maimunah, S., & Hilal, S. (2018). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Deviden Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(2), 42–49. https://doi.org/10.34203/jimfe.v6i2.467
Heri Setiyo cahyono. (2016). Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Deviden Sebagai Determinan Nilai Perusahaan. Akuisisi Jurnal, 12(November), 39–53.