PENERAPAN SISTEM KERJA WORK FROM HOME PADA PEGAWAI DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL) KOTA MALANG

Main Article Content

Martinus Riono Alus
Adi Suroso
Dianawati Suryaningtyas

Abstract

Bekerja dari rumah (Work From Home) adalah cara perusahaan ataupun instansi pemerintah untuk tetap survive bekerja dalam situasi pandemic covid-19 seperti saat ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi penerapan system kerja Work From Home pada pegawai di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Malang. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan 15 orang informan melalui teknik pengumpulan data triangulasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil analisis data, diperoleh sebanyak 87% informan yang menyediakan tempat khusus di rumah sehingga lebih fokus dan terbebas dari gangguan dalam pelaksanaan Work From Home. Kemudian, untuk mengatasi kendala yang ada, yang dilakukan pegawai adalah dengan cara saling komunikasi antar sesama pegawai dan juga selalu disiplin dalam penggunaan waktu. Aplikasi online yang digunakan sangat mendukung pegawai ketika bekerja dari rumah, seperti aplikasi Dianas, Nadine, Aladin, Simpeg, Sibankum, Zoom Meeting dan aplikasi harian yang sering digunakan seperti WhatsApp. Dalam menyelesaikan pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan dari rumah, pegawai tetap mengikuti Work From Office yang sudah dijadwalkan kantor. Keterbatasan dari penelitian ini masih menggunakan informan yang jumlahnya relatif kecil yakni 15 orang. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah untuk menambah jumlahnya informan dan juga menggunakan metode penelitian yang lain.

Article Details

How to Cite
Riono Alus, M., Suroso, A., & Suryaningtyas, D. (2023). PENERAPAN SISTEM KERJA WORK FROM HOME PADA PEGAWAI DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL) KOTA MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 10(2), 21–31. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/8020
Section
Articles

References

Ahmad, Tabarak. 2020. HR Managers & Covid-19: What Lessons Can Companies and Hr Managers Learn From The Corona Virus Pandemic? How Can Companies Use This as a Transition to more Work-From-Home and Other Flexible Policies?. Pakistan: Lahore University of Management Sciences Journal.

Crosbie, T & Moore, J. (2004). Worklife Balance and Working from Home. Teesside University: England.

Dewayani, Tantri. 2020. Bekerja dari Rumah (Work From Home) Dari Sudut Pandang Unit Kepatuhan Internal, (online), (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13014/Bekerja-dari-Rumah-Work-From-Home-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html), diakses pada 21 Oktober 2020.

Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126-150.

Purwanto, Agus. 2020. Studi Eksplorasi Dampak Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. Jurnal of education, pshycology and counseling. Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online : 2716-4446

Smith, A. W., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing andcommunity containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak . Journal of Travel Medicine.

Smith, J. (2015). Communication and Teleworking: A Study of Communication Channel Satisfaction, Personality, and Job Satisfaction for Teleworking Employees. International Journal of Business Communication, 55(1), 44-68. https://doi.org/10.1177%2F2329488415589101.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Suryaningtyas, D. (2020). Bekerja dari rumah: implementasinya pada U-Learning selama pandemi virus Covid-19. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 16(2) 2020, 73-81.

Timpe, Dale. 2002. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia 4: Mengelola Waktu (Management of Time). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.