PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN PAWON BROMO MALANG

Main Article Content

Yulita Dwi Maulani
Iva Nurdiana Nurfarida
Adi Suroso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif (causal comparative research) yang memiliki tujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya hubungan sebab akibat antar variabeldengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen pada rumah makan Pawon Bromo Malang dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 120 responden menggunakan metode accidental sampling untuk menentukan sampel penelitian. Instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada sampel penelitian yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan persepsi kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial persepsi kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Article Details

How to Cite
Maulani, Y. D., Nurfarida, I. N., & Suroso, A. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN PAWON BROMO MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/jrmm.v11i1.8913
Section
Articles

References

Anggita, R., & Ali, H. (2017).The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District).Scholars Bulletin, 3(6), 261–272.

Arie, P.P, Alexander, W., Michael,& Muhammad,R.B. (2020). The Influence of Product Quality, Price, and Service Quality in Customer Loyalty at PT. Cybernetic Makmur Lestari.Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal).

Bailia, J.F.T, Soegoto, A.S., dan Loindong, S.S.R.(2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung-Warung Makan Lamongan di Kota Manado.

Keloay, G., Rumawas, W., & Asaloei, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Dabu-Dabu Iris Fresh Wenang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 26–33.

Lovelock, Christopher. and Wirtz, Jochen. (2011). “Services Marketing: “People,Technology,Strategy”, 7th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.Pelanggandan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Publik. Vol 1. No 028.

Maramis, F. S., Sepang, J. L., & Soegoto, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga

Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).

Maulana, N. D., & Purbawati, D. (2017). The Influence of Product Quality, Price, and

Service Quality Concerning Customer Loyalty of Penyet Kuah at Timoho Food Court, Tembalang Semarang City.Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(4), 178–187.

Putro, S. W. & Prof. Dr. Semuel, H, dkk (2014) Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas

Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen pada Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Putri, A. P., Wongkar, A., Michael, M., & Balliansa, M. R. (2020). The Influence of Product

Quality, Price, and Service Quality in Customer Loyalty at PT. Cybernetic Makmur Lestari.Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 2864–2879.

Tombeng, B., Roring, F., & Rumokoy, F. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas

Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Raja Oci Manado.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1).

Utami, Setyaningsih Sri, and Christian Hari Nugroho. (2016) "Analisis Pengaruh Harga, Kualitas

Produk.dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan Sfa Steak & Resto di Klodran Karanganyar." Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan .

Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017).Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen produk donat madu (Studi pada konsumen CV. Donat madu Cihanjuang–Pekanbaru).Riau University.