Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka

Authors

  • Nurul Ain Soemardi a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas PGRI Kanjuruhan Malang";}
  • Lilik Sri Hariani

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdifeensiasi

Abstract

Kurikulum Merdeka di Indonesia mulai diterapkan secara bertahap sejak Tahun 2022. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang berfokus pada materi esensial sehingga pembelajaran lebih mendalam. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajarnya, sehingga, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Pembelajaran yang menyesuikan dengan kebutuhan melajar dan minat peserta didik adalah Pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran Berdiferensiasi sangat penting diterapkan pada Kurikulum Merdeka, Namun Sebagian besar guru, khususnya guru SD di Jawa Timur,  belum memahami Pembelajaran Berdiferensiasi, sehingga perlunya dilakasanakannya pelatihan ini. Peserta pelatihan adalah guru SD di Jawa Timur sejumlah 29 orang, yang sedang mengikuti PPG Daljab Th 2023.  Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan guru SD dalam melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi. Guru diajarkan bahwa peserta didik memiliki keberagaman kebutuhan belajar dan minat. Sebelum melaksanakan Pembelajaran, guru harus melakukan tes diagnostic untuk mengetahui kebutuhan belajaran dan minat peserta didik. Pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik tersebut, agar Pembelajaran lebih mendalam, bermakna, dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami Pembelajaran. Selama mengikuti pelatihan, para guru terlihat antusias dan terlibat aktif pada materi pelatihan. Mereka mengaku bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi. Setelah pelatihan ini, diharapkan guru dapat menerapkannya sehingga mempunyai implikasi positif terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Soemardi, N. A., & Hariani, L. S. (2023). Pelatihan pembelajaran berdiferensiasi pada implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 49–54. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jdimas/article/view/9673

Issue

Section

Article