PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA ALOKASI UMUM (DAU) TERHADAP BELANJA MODAL (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Pemerintah Daerah Kota di Jawa Timur Tahun Anggaran 2011-2013)

Authors

  • Helmi Fitriana
  • Koenta Adji Koerniawan
  • Anwar Made

Keywords:

Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Belanja Modal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Modal, Pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Modal, Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Modal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian replikasi. Ruang lingkup penelitian yaitu Belanja Modal pada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Jawa Timur Tahun Anggaran 2011-2013 yang mempengaruhi Belanja Modal adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Populasi yang dijadikan sampel dalam penelitian adalah seluruh pemerintah daerah Kabupaten dan Kota di Jawa Timur sebanyak 38. Variabel yang diuji adalah Pendapatan Asli Daerah (X1)  dan  Dana  Alokasi Umum (X2) sebagai variabel independen dan Belanja Modal (Y) sebagai variabel dependen. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian adalah data sekunder. Analisis data menggunakan Regresi Linier Beganda yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil pengujian hipotesis secara  parsial bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) bepengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Modal, Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Belanja Modal. Pengujian hipotesis secara simultan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh signifikan terhadap Belanja Modal.

Downloads

Published

2015-10-15

How to Cite

Fitriana, H., Koerniawan, K. A., & Made, A. (2015). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA ALOKASI UMUM (DAU) TERHADAP BELANJA MODAL (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Pemerintah Daerah Kota di Jawa Timur Tahun Anggaran 2011-2013). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1019

Issue

Section

Articles