PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS, OPINI AKUNTAN PUBLIK DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • ARDIAN DWI PRASTYO
  • R. Anastasia Endang Susilawati
  • Nanang Purwanto

Keywords:

timeliness, profitabilitas, leverage, likuiditas, opini audit, rasio aktivitas

Abstract

Peraturan mengenai ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan telah diatur oleh BAPEPAM dan LK melalui peraturan Nomor: KEP-431/BL/2012 dengan lampiran Nomor X.K.6. emiten atau perusahaan publik yang pernyataan pendaftarannya telah menjadi efektif wajib menyampaikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh akuntan publik kepada BAPEPAM dan LK paling lama 4 (empat) bulan setelah tahun buku berakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, opini audit, dan rasio aktivitas terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Populasi yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indeonesia pada periode 2011 sampai dengan 2014. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan manufaktur periode 2011 sampai dengan 2014, sehingga sampel yang terpilih sebanyak 48 perusahaan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan regresi logistik biner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, sedangkan likuiditas, opini audit, dan rasio aktivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan. Sedangkan pada pengujian secara simultan menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, likiuiditas, opini audit, dan rasio aktivitas berpangaruh terhadap ketepatan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan.
peneliti selanjutnya dapat menambah variabel seperti umur perusahaan, ukuran perusahaan, kepemilikan publik, good corporate governance, cash flow, internal auditor, growth, risk industry dan extra ordinary items dan sampel penelitian dengan periode yang lebih panjang, sehingga hasil penelitian bisa lebih akurat.

Downloads

Published

2016-07-25

How to Cite

PRASTYO, A. D., Susilawati, R. A. E., & Purwanto, N. (2016). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, LIKUIDITAS, OPINI AKUNTAN PUBLIK DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1199

Issue

Section

Articles