Pengaruh Pemahaman Auditor Tentang Good Corporate Governance Klien dan Sistem Pengendalian Mutu KAP Terhadap Perencanaan Audit (Studi Empiris Kantor Akuntan Publik di Kota Malang)

Authors

  • Astutik Puri Handayani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan, Malang

Keywords:

good corporate governance, sistem pengendalian mutu, auditor eksternal, perencanaan audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman auditor tentang good corporate governance klien dan sistem pengendalian mutu KAP terhadap perencanaan audit pada KAP di Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor eksternal yang bekerja pada KAP di Kota Malang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kriteria pengambilan sampel yaitu auditor yang berpartisipasi/ menjadi auditor eksternal pada sebuah entitas selama dua tahun berturut-turut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey, yaitu dengan mengirimkan kuesioner yang dikirimkan secara langsung dan disertai dengan surat permohonan untuk menjadi responden, diantar sendiri maupun menitipkan kuesioner pada contact person dari Kantor Akuntan Publik tempat responden bekerja. Analisis data menggunakan uji t dan uji F . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hanya pemahaman auditor tentang sistem pengendalian mutu KAP yang berpengaruh signifikan terhadap perencanaan audit dan kedua variabel berpengaruh secara simultan terhadap perencanaan audit.

Downloads

Published

2013-04-25

How to Cite

Puri Handayani, A. (2013). Pengaruh Pemahaman Auditor Tentang Good Corporate Governance Klien dan Sistem Pengendalian Mutu KAP Terhadap Perencanaan Audit (Studi Empiris Kantor Akuntan Publik di Kota Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/12

Issue

Section

Articles