PENGGUNAAN INFORMASI KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI KEUNTUNGAN INVESTASI BAGI INVESTOR DI PASAR MODAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi Sub Sektor Makanan dan Minuman di BEI Periode 2011-2012)

Authors

  • Freni Fatmasari
  • Sulistyo Sulistyo
  • Rita Indah Mustikowati

Keywords:

Laba Per Lembar Saham (EPS), Pertumbuhan Laba, Perputaran Kas, Perputaran Persediaan dan Perputaran Piutang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah pertumbuhan laba, perputaran kas, perputaran persediaan dan perputaran piutang, merupakan prediktor keuntungan investasi (laba per lembar saham) di masa mendatang. Variabel penelitian terdiri dari Pertumbuhan Laba (X1), Perputaran Kas (X2) dan Perputaran Persediaan (X3), Perputaran Piutang (X4) dan Laba Per Lembar Saham (Y). Populasi penelitian ini adalah data laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi sub sektor makanan dan minuman dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011 – 2014 dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini bahwa pertumbuhan laba berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap laba per lembar saham (EPS), sedangkan perputaran kas, perputaran persediaan dan perputaran piutang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba per lembar saham. Berdasarkan hasil pengujian di hasilkan bahwa variabel bebas yang dominan berpengaruh terhadap laba per lembar saham adalah perputaran kas.

Downloads

Published

2016-04-02

How to Cite

Fatmasari, F., Sulistyo, S., & Mustikowati, R. I. (2016). PENGGUNAAN INFORMASI KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI KEUNTUNGAN INVESTASI BAGI INVESTOR DI PASAR MODAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi Sub Sektor Makanan dan Minuman di BEI Periode 2011-2012). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1214

Issue

Section

Articles