FAKTOR-FAKTOR KUALITAS AUDIT YANG MENENTUKAN KEPUASAN AUDITEE

Authors

  • Indriya Nur Aini
  • Abdul Halim
  • Retno Wulandari

Keywords:

pengalaman, pemahaman lingkungan instansi, responsif, kompetensi, independensi, sikap hati-hati, komitmen, keterlibatan ketua, pekerjaan lapangan, standar etika, sikap skeptis dan komite audit.

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kualitas audit yaitu pengalaman tim audit dan KAP dalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan klien, keahlian/pemahaman terhadap industri klien, responsif atas kebutuhan klien, kompetensi anggota-anggota tim audit terhadap prinsip-prinsip akuntansi dan norma-norma pemeriksaan, sikap independensi dalam segala hal dari individu-individu tim audit dan KAP, anggota tim audit sebagai suatu kelompok yang bersifat hati-hati, KAP memiliki komitmen yang kuat terhadap kualitas, keterlibatan pimpinan KAP dalam pelaksanaan audit, pelaksanaan audit lapangan, standar-standar etika yang tinggi dari anggota anggota tim audit, menjaga sikap skeptis dari anggota-anggota tim audit, keterlibatan komite audit sebelum, pada saat, dan sesudah audit yang menentukan kepuasan auditee. Penelitian ini menggunakan analisis faktor. Data penelitian diperoleh dari Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemeritah Kota Malang yang terdiri dari 87 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman tim audit, kompetensi anggota-anggota tim audit dan bersikap hati-hati merupakan faktor yang dijadikan pertimbangan utama oleh auditee di Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kota Malang dalam menentukan kepuasan auditee.

Downloads

Published

2016-04-02

How to Cite

Aini, I. N., Halim, A., & Wulandari, R. (2016). FAKTOR-FAKTOR KUALITAS AUDIT YANG MENENTUKAN KEPUASAN AUDITEE. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1219

Issue

Section

Articles