Pengaruh Independensi, Kompetensi, Due Professional Care, dan Etika terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada KAP di Kota Malang)

Authors

  • Izzatul Farida
  • Abdul Halim
  • Retno Wulandari

Keywords:

independensi, kompetensi, due profesional care, etika, kualitas audit

Abstract

Audit merupakan serangkaian proses yang dilakukan oleh auditor untuk mendapatkan bukti akurat mengenai aktivitas ekonomi suatu entitas. Sebuah perusahaan dalam hal ini sangat membutuhkan jasa audit, khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang sudah go public. Hal tersebut dilakukan karena dapat menambah kredibilitas laporan keuangan yang telah mereka sajikan, sehingga laporan tersebut dapat dipercaya untuk kepentingan pihak eksternal seperti pemegang saham, kreditor, dan pemerintah. Kualitas audit merupakan segala kemungkinan dimana auditor pada saat mengaudit laporan keuangan klien dapat menemukan pelanggaran yang terjadi dalam sistem akuntansi klien dan melaporkannya dalam bentuk laporan keuangan auditan, dimana dalam melaksanakan tugasnya tersebut auditor berpedoman pada standar audit dan kode etik akuntan publik yang relevan (Agusti dan Pratiwi, 2013). Namun, dalam praktiknya terdapat faktor-faktor yang dapat memengaruhi kualitas audit, diantara faktor-faktor tersebut adalah seperti independensi, kompetensi, due professional care, dan etika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh independensi, kompetensi, due profesional care, dan etika terhadap kualitas audit baik secara parsial maupun simultan. Serta untuk menguji variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap kualitas audit. Sampel dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada KAP di Kota Malang dengan kriteria tertentu, sehingga menghasilkan sebanyak 95 sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, yang sebelumnya dilakukan uji validitas, reliabilitas, multikoleaniritas, heteroskedastisitas, dan normalitas atas data yang telah diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa independensi, kompetensi, due professional care, dan etika berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kualitas audit. Pada penelitian ini variabel yang paling berpengaruh terhadap kualitas audit adalah variabel kompetensi.

Downloads

Published

2016-04-12

How to Cite

Farida, I., Halim, A., & Wulandari, R. (2016). Pengaruh Independensi, Kompetensi, Due Professional Care, dan Etika terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada KAP di Kota Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1268

Issue

Section

Articles