PENGARUH PROFESIONALISME, ETIKA PROFESI, DAN GENDER TERHADAP TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN (Studi empiris pada Kantor Akuntan Publik di Malang)

Authors

  • LUSIA SEDATI
  • Abdul Halim
  • Retno Wulandari

Keywords:

Profesionalisme, Etika Profesi, Gender, Tingkat Materialitas

Abstract

Materialitas merupakan besarnya nilai yang dihilangkan atau salah saji informasi akuntansi dalam laporan keuangan yang dapat memengaruhi pertimbangan seseorang yang meletakkan kepercayaan atas informasi laporan keuangan karena adanya penghilangan atau salah saji. Banyak variabel yang dapat memengaruhi tingkat materialitas, seperti profesionalisme, etika profesi, dan gender. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan pengaruh profesionalisme, etika profesi, dan gender terhadap tingkat materialitas dalam pemeriksaan laporan keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan, metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Sebelum dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan normalitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 auditor sebagai responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden melalui jasa kurir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profesionalisme, etika profesi, dan gender secara simultan memengaruhi tingkat materialitas. Variabel profesionalisme yang terdiri dari pengabdian pada profesi, hubungan dengan rekan seprofesi, kebutuhan untuk kemandirian, kepercayaan terhadap peraturan profesi, dan kewajiban sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat materialitas. Variabel etika profesi yang terdiri dari prinsip integritas, prinsip objektivitas, prinsip kompetensi serta sikap kecermatan dan kehati-hatian profesional, prinsip kerahasiaan, dan prinsip perilaku profesional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat materialitas. Variabel gender yang terdiri dari sifat feminin dan sifat maskulin auditor secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat materialitas. Variabel profesionalisme memiliki pengaruh paling dominan terhadap tingkat materialitas. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian sebelum bulan Desember sampai bulan Maret, sehingga dapat menghindari kesulitan dalam pengumpulan data.

Downloads

Published

2016-04-12

How to Cite

SEDATI, L., Halim, A., & Wulandari, R. (2016). PENGARUH PROFESIONALISME, ETIKA PROFESI, DAN GENDER TERHADAP TINGKAT MATERIALITAS DALAM PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN (Studi empiris pada Kantor Akuntan Publik di Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1272

Issue

Section

Articles