Peran Audit Internal Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupeten Blitar)

Authors

  • Nurmalia Anggun Kusumawati
  • Abdul Halim
  • retno wulandari

Keywords:

Audit Internal, Good Corporate Governance

Abstract

Mengungkapkan bahwa audit internal adalah aktivitas independen, keyakinan objektif, dan kondisi yang di rancang untuk menambah nilai dan meningkatkan operasi dan tujuan organisasi. Audit internal mambantu organisasi mencapai tujuannya melalui pendekatan yang sistematik dan disiplin ilmu untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas manajemen resiko, pengendalian, dan proses tata kelola Messier(2005). Berdasarkan definisi diatas bahwa audit internal sangat berperan bagi manajemen yang telah menerapkan pengendalian intern yang merupakan bagian dari suatu perusahaan. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Blitar ada lima 5 indikator audit internal yang di terapkan yaitu Independensi, Kemampuan Profesional, Lingkup Pekerjaan, Pelaksanaan Kegiatan dan Manajemen Bagian Audit. Sampel dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Blitar. dengan kriteria tertentu, sehingga menghasilkan sebanyak 35 sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi model pearson, yang sebelumnya dilakukan uji validitas, reabilitas atas data yang telah diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil analisis menunjiukan bahwa audit internal tidak signifikan terhadap good corporate governance pada Peusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Blitar.

Downloads

Published

2016-04-16

How to Cite

Kusumawati, N. A., Halim, A., & wulandari, retno. (2016). Peran Audit Internal Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupeten Blitar). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1289

Issue

Section

Articles