PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, PENGALAMAN DAN ETIKA AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Kota Malang)

Authors

  • Putri Fitrika Imansari
  • Abdul Halim
  • retno wulandari

Keywords:

kompetensi, independensi, pengalaman, etika auditor dan kualitas audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi, independensi, pengalaman dan etika auditor terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan pengujian asumsi klasik dan analisis statistik regresi linier berganda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari kompetensi, independensi, pengalaman, etika auditor dan kualitas audit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi, independensi, pengalaman dan etika auditor berpengaruh signifikan terhadap terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi uji-F sebesar 0.000. Secara parsial kompetensi, independensi, pengalaman dan etika auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dengan nilai signifikansi uji-t 0.000. Penelitian ini juga membuktikan bahwa kompetensi merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kualitas audit dengan nilai koefisien regresi yang sudah distandarisasi sebesar 0.216 dari pada variabel independensi, pengalaman dan etika auditor yang masing-masing hanya 0.186, 0.177 dan 0.159. Disarankan juga untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel independen lain seperti akuntabilitas, karena seorang auditor dalam menyelesaikan pekerjaan auditnya, harus dilandasi dengan tanggung jawab (akuntabilitas) agar dapat memberikan hasil audit yang baik dan berkualitas.

Downloads

Published

2016-04-16

How to Cite

Imansari, P. F., Halim, A., & wulandari, retno. (2016). PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, PENGALAMAN DAN ETIKA AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris Pada Auditor Kantor Akuntan Publik Di Kota Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1291

Issue

Section

Articles