ANALISIS METODE DANA CADANGAN TERHADAP PIUTANG TAK TERTAGIH SESUAI SAK-ETAP (STUDI KASUS PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA KP-RI “SEHAT”

Authors

  • Rena Apri Yuliana
  • R. Anastasia Endang Susilawati
  • Nanang Purwanto

Keywords:

Dana Cadangan, SAK ETAP, Laporan Keuangan

Abstract

Kredit merupakan aktiva produktif yang sangat diandalkan oleh koperasi, karena dapat menghasilkan pendapatan terbesar. Kredit merupakan bisnis yang berisiko, di mana ada kemungkinan kredit yang diberikan tidak dapat dikembalikan yang akhirnya akan menjadi kredit bermasalah atau kredit macet. Untuk mengantisipasi risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat dari penyaluran kredit dan untuk menekan persentase kenaikan kredit bermasalah ini pihak koperasi wajib membentuk cadangan penghapusan kredit. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian menggunakan data deskriptif kualitatif laporan keuangan KP-RI “SEHATâ€. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di KP-RI “SEHAT†dalam menyusun laporan keuangannya belum sesuai SAK ETAP, dalam hal ini terlihat pada neraca piutang macet dan cadangan kerugian piutang tidak di masukkan di dalam neraca. Peneliti mengharapkan KP-RI “SEHAT†lebih memahami SAK ETAP dalam menyusun laporan keuangannya.

Published

2016-04-16

How to Cite

Yuliana, R. A., Susilawati, R. A. E., & Purwanto, N. (2016). ANALISIS METODE DANA CADANGAN TERHADAP PIUTANG TAK TERTAGIH SESUAI SAK-ETAP (STUDI KASUS PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA KP-RI “SEHAT”. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1294

Issue

Section

Articles