Pengaruh Good Corporate Governance dan Financial Distress Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus pada Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

Authors

  • Riski Saraswati
  • Sulistyo Sulistyo
  • Rita Indah Mustikowati

Keywords:

Good Corporate Governance, Financial Distress, Manajemen Laba

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh good corporate governance dengan menggunakan subvariabel proporsi dewan komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial serta variabel financial distress terhadap manajemen laba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 37 perusahaan perbankan yang menghasilkan sampel sebanyak 22 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada periode 2011-2014 yang dipilih dengan metode purposive sample. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji asumsi klasik dan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel corporate governance dan financial distress berpengaruh terhadap manajemen laba. Dari subvariabel good corporate governance (proporsi dewan komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial) memiliki tingkat signifikansi negatif terhadap manajemen laba, yang artinya dari keempat organ dalam corporate governance tersebut tidak mempunyai perngaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan variabel financial distress memiliki tingkat signifikansi positif terhadap manajemen laba yang artinya tingkat financial distress perbankan mempengaruhi praktik manajemen laba.

Downloads

Published

2016-04-18

How to Cite

Saraswati, R., Sulistyo, S., & Mustikowati, R. I. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance dan Financial Distress Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus pada Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1297

Issue

Section

Articles