ANALISIS YANG MEMENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Siti Qolillah
  • Abdul Halim
  • retno wulandari

Keywords:

Opini Audit Going Concern, Debt Default, Kualitas Audit, Kondisi Keuangan Perusahaan, Auditor Client Tenure, Audit Lag, Ukuran Perusahaan.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh debt default, kualitas audit, kondisi keuangan perusahaan, auditor client tenure, audit lag, dan ukuran perusahaan terhadap opini audit going concern yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2014. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan audit perusahaan manufaktur yang diambil dari situs resmi BEI di http//www.idx.co.id. Model penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian berupa eksplanasi, yaitu penelitian untuk menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan. Penelitian eksplanasi dipilih karena jenis penelitian ini menjelaskan bahwa ada hipotesis yang akan diuji kebenarannya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 perusahaan manufaktur dengan metode pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian yang diperoleh dalam pengujian menunjukkan bahwa variabel debt default dan variabel audit lag berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern, sementara variabel kondisi keuangan perusahaan, auditor client tenure, dan ukuran perusahan berpengaruh positif terhadap opini audit going concern dan variabel kualitas audit tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yaitu variabel yang digunakan hanya 6 variabel yaitu debt default, kualitas audit, kondisi keuangan perusahaan, auditor client tenure, audit lag dan ukuran perusahaan. Penelitian ini hanya memakai data perusahaan manufaktur serta periode penelitian terbatas hanya 2 tahun sehingga belum optimal. Oleh karena itu pada penelitian selanjutnya disarankan mempertimbangkan variabel lain, menambah obyek penelitian dan menambah periode penelitian sehingga dapat diketahui perbedaannya.

Downloads

Published

2016-04-18

How to Cite

Qolillah, S., Halim, A., & wulandari, retno. (2016). ANALISIS YANG MEMENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1301

Issue

Section

Articles