Faktor Kendala Penyusunan Laporan Keuangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah “Kue Nikmat Rasa”

Authors

  • Hendra Prasetya Subrata
  • Sulistyo Sulistyo
  • Doni Wirshandono Yogivaria

Keywords:

Penyusunan Laporan Keuangan, Kendala di UMKM

Abstract

Pada umumnya tidak semua usaha Mikro Kecil mampu menyusun Laporan Keuangan dalam menjalankan usaha meraka. Namun disatu sisi pemilik dari perusahaan tersebut menginginkan adanya Laporan Keuangan sebagai syarat kredit perbankkan. Salah satu UMKM “Kue Nikmat Rasa†yang mana pemiliknya hanya bisa menyusun Laporan Keuangan sederhana seperti arus kas, tetapi pemilik menginginkan untuk mengakses  kredit dari perbankkan.

Ada beberapa Faktor yang menyebabkan sulitnya penyusunan laporan keuangan UMKM adalah tidak adanya economic entity yang jelas. Kebanyakan dari pemilik usaha tidak mempu membedakan antara aktivitas bisnis dan aktivitas pribadi, sehingga aset perusahaan diakui sebagai harta pribadi begitu pula sebaliknya, sehingga sulit mengidentifikasi dengan jelas entitas ekonominya.

Penelitian ini dilakukan di UMKM “Kue Nikmat Rasa†pada tanggal 10 mei 2016. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala dalam penyusunan laporan keuangan pada UMKM adalah kesulitan mengakui pendapatan dan beban berbasis akrual serta permilik tidak menerapakan konsep economic entity yang jelas.

Downloads

Published

2016-10-11

How to Cite

Subrata, H. P., Sulistyo, S., & Yogivaria, D. W. (2016). Faktor Kendala Penyusunan Laporan Keuangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah “Kue Nikmat Rasa”. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/1368

Issue

Section

Articles