PENGARUH PROGRAM SUNSET POLICY TERHADAP KEMAUAN DALAM PEMBAYARAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BATU MALANG (Study Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi)

Authors

  • Nova Adi Wardhana

Keywords:

Sunset Policy, Pajak, KPP Pratama

Abstract

Dalam rangka untuk meningkatkan penerimaan pajak, pemerintah mengeluarkan kebijakan Sunset Policy dalam bidang perpajakan. Inti dari kebijakan ini adalah adanya pengampunan pajak (tax amnesty). Kebijakan dalam bidang perpajakan ini diharapkan dapat meningkatkan kemauan membayar (willingness to pay) pajak dari wajib pajak. Penelitian ini ditujukan untuk melihat pengaruh Program Sunset Policy terhadap Kemauan dalam pembayaran pajak. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan Program Sunset Policy sebagai variable independent serta Kemauan dalam pembayaran pajak sebagai variable dependent. Sampel yang digunakan sebanyak 30 wajib pajak orang pribadi sebagai responden dan diambil dengan cara teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Program Sunset Policy terhadap Kemauan dalam pembayaran pajak. Hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas uji t-test dengan nilai dibawah 0,05 (Signifikan pada α = 5%)

Downloads

Published

2014-10-29

How to Cite

Wardhana, N. A. (2014). PENGARUH PROGRAM SUNSET POLICY TERHADAP KEMAUAN DALAM PEMBAYARAN PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BATU MALANG (Study Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/463

Issue

Section

Articles