ANALISIS PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Main Article Content

Fifta Dian Fitiriawati
Retno Wulandari
Ati Retna Sari

Abstract

Tujuan atas penelitian ini yakni untuk menjelaskan serta menganalisis pengaruhnya keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi di BEI tahun 2016-2019. Populasi yang digunakan pada penelitian ini ialah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Sampel yang digunakna ialah 18 perusahaan dengan periode pengamatan 4 tahun yaitu 2016-2019. Metode ditentukannya sampel yakni digunakannya metode purposive sampling. Metode pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis moderated regression analysis (MRA) menggunakan spss versi 22. Hasil telah memberikan simpulan yakni, keputusan investasi memengaruhi nilai perusahaan, keputusan pendanaan memengaruhi nilai perusahaan, kebijakan deviden memengaruhi nilai perusahaan, ukuran perusahaan mampu diperkuat oleh pengaruh keputusan investasi pada nilai perusahaan, ukuran perusahaan tidak mampu diperkuat pengaruhnya keputusan pendanaan pada nilai perusahaan, ukuran perusahaan tidak mampu diperkuat adanya pengaruh kebijakan deviden pada nilai perusahaan.

Article Details

How to Cite
Fitiriawati, F. D., Wulandari, R., & Sari, A. R. (2021). ANALISIS PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 9(1). https://doi.org/10.21067/jrma.v9i1.5469
Section
Articles

References

Animah dan Sri, R. 2010. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Mekanisme GCG dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan Survei Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta 2003-2007. Tesis Universitas Hasanudin Makasar.
Brigham dan Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku 1 Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
Brigham dan Houston. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Fauziah, Anjiz dan Nadia Asandimitra. 2018. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividend an Profitabilitas pada Nilai Perusahaan Studi Pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2012-2016. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Harmono. 2011. Manajemen Keuangan: Metode Balance Scorecard. Edisi 1. Cetakan 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Harmono. 2014. Manajemen Keuangan Metode Balanced Scorecard. (Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis). Jakarta: Bumi Aksara.
Hilal, Suhaila. 2014. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan
Mardiyati, Umi., Gatot Nazir Ahmad dan Muhammad Abrar. 2015. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Manufaktur Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2013. Jurnal Riset Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.
Piristina, Deny Alvita dan Khairunnisa. 2019. Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden, Keputusan Investasi Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Telkom Bandung.
Sofia, Dewi Martha dan Farida, N. 2017. Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Deviden serta Keputusan Investasi Pada Nilai Perusahaan Pada Sub Sektor Perdagangan Besar Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilm Politik Universitas Riau.
Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktik. Edisi 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Utami, A dan Ayu, Ni Putu. 2018. Pengaruh Keputusan Pendanaan, Keputusan investasi serta Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverage. E-Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali.
www.cnbcindonesia.com