PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, PROFITABILITAS DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP KUALITAS LABA

Main Article Content

Roswita Mergia
Sulistyo
Supami Wahyu Setiyowati

Abstract

Tujuan atas penelitian ini yakni menjelaskan serta menganalisis bagaimana pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, profitabilitas dan manajemen laba terhadap kualitas laba. Jenis penelitian yakni digunakan data kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini ialah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sampel yang digunakan ialah 20 perusahaan dengan periode pengamatan selama 3 tahun. Motode dalam penentuan sampel yakni digunakannya  motode purposive sampling. Analisis  pengelolaan data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda menggunakan spss versi 22. Hasil analisis telah memberikan simpulan yakni  kepemilikan menejerial, kepemilikan institusional, profitabilitas dan manajemen laba secara simultan mempengaruhi kualitas laba. kepemilikan manajerial tidak memengaruhi terhadap kualitas laba, kepemilikan institusional negativ mempengaruh  kualitas laba, profitabilitas secara persial mempengaruh  kualitas laba, menejemen laba secarah parsial berpengaruh terhadap kualitas laba.

Article Details

How to Cite
Mergia, R., Sulistyo, & Setiyowati, S. W. (2021). PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, PROFITABILITAS DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP KUALITAS LABA. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 9(1). https://doi.org/10.21067/jrma.v9i1.5471
Section
Articles

References

Abdullah, M. W., & Suardi, S. 2017. Pengaruh Overvalued Equities Dan Earnings Management Terhadap Kualitas Laba Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 86-103.
Dipanusa, B. A. 2013. Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kualitas Laba. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
Kasmir. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenda Media Grup.
Laoly, A. N., & Herawaty, V. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Growth, Leverage, Operating Cycle Dan Prudence Terhadap Kualitas Laba Dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderasi. In Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan (pp.2-39).
Halim, A. 2015. Manajemen Keuangan Bisnis Konsep dan Aplikasinya, Jakarta; Mitra Wacana Media.uoted.
Martani, D., Siregar, V., Wardhani, R., Farahmita, A., & Tanujaya, E. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta: Salemba Empat.
Nadirsyah, N., & Muharram, F. N. 2015. Struktur Modal, Ggod Corporate Governance Dan Kualitas Laba. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 2(2), 184-198.
Nanang, A. P., & Tanusdjaja, H. 2019. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2017. Jurnal muara ilmu ekonomi dan bisnis, 3(2), 267-288.
Pratiwy, F. R., & Fitri, L. W. 2019. Pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Reputasi KAP Dan Struktur Modal Terhadap Kualitas Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Doctoral Dissertation, lain Surakarta.
Prayasa, I., & Hermiyetti, H. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laba. QUALITY: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 5(20), 62-77.
Pratama, A. D., & Sunarto, S. 2018. Struktur Modal, Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dan Ukuran Perusahaan Dan Terhadap Kualitas Laba. Dinamika Akuntansi Keuangan dan Perbankan, 7(2).
Risdawaty, I. M. E., & Subowo, S. 2015. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Asimetri Informasi, dan Profitabilitas Terhadap Kualitas Laba. Jurnal Dinamika Akuntansi, 7(2), 109-118.
Soly, N., & Wijaya. N. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laba Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis Dan Akunatnsi, 19(1), 47-55.
Suardy, A. 2017. Pengaruh Overvalued Equities Dan Earnings Management Terhadap Kualitas Laba Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Assets Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 7(1). 86-103.
Subramanyam, K. R, dan Wild, John J. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 10, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Wulasary, Yeni. 2013. Pengaruh Invesment Opportunity Set, Likuiditas dan Leverage Terhadap Kualitas Laba. Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI.
Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok Pt. Raja Grafindo Persada.
https://investasi.kontan.co.id/news/indeks-saham-sektor-barang-konsumsi-turun-begini-pendapat-analis.