PENGARUH KONTRIBUSI PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (RETURN ON EQUITY) (Studi pada BPR Syariah di Wilayah Jawa Timur Yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2010-2013)

Authors

  • Faeruca Nindi Farotami
  • Koenta Adji Koerniawan
  • R. Anastasia Endang Susilawati

Keywords:

Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Musyarakah, Return on Equity

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan pengaruh kontribusi pembiayaan murabahah dan musyarakah terhadap tingkat profitabilitas BPR Syariah di wilayah Jawa Timur yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2010- 2013 dengan menggunakan rasio Return On Equity (ROE). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan korelasioanal. Populasi yaitu seluruh BPR Syariah di wilayah Jawa Timur yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2009-2013. Sampel yang digunakan sebanyak 40 data meliputi 10 BPR Syariah selama 4 tahun periode. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah dan musyarakah secara simultan berpengaruh terhadap tingkat ROE. Pembiayaan murabahah secara parsial berpengaruh terhadap tingkat ROE. Pembiayaan musyarakah secara parsial tidak berpengaruh terhadap ROE. Pembiayaan murabahah merupakan pembiayaan yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat ROE. Untuk peneliti selanjutnya, penelitian ini perlu dikaji secara mendalam yang terkait kemungkinan dengan variabel lain misalnya mudharabah, ijarah, qardh, salam, isthisna dikarenakan variabel pembiayaan musyarakah tidak berpengaruh terhadap tingkat ROE.

Downloads

Published

2016-02-13

How to Cite

Farotami, F. N., Koerniawan, K. A., & Susilawati, R. A. E. (2016). PENGARUH KONTRIBUSI PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (RETURN ON EQUITY) (Studi pada BPR Syariah di Wilayah Jawa Timur Yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2010-2013). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/973

Issue

Section

Articles