PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP BIAYA EKUITAS DAN BIAYA UTANG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • Hermin Dwi Hidayati
  • R. Anastasia Endang Susilawati
  • Abdul Halim

Keywords:

Good Corporate Governance, kepemilikan keluarga, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit, biaya ekuitas dan biaya utang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh GCG dengan unsur kepemilikan keluarga, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan komite audit terhadap biaya ekuitas dan biaya utang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode penelitian 2012-2013. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan yang telah diaudit dan ringkasan kinerja perusahaan dengan total sebanyak 48 observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemilikan keluarga, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, dan komite audit secara simultan berpengaruh terhadap biaya ekuitas dan biaya utang. Secara persial kepemilikan keluarga dan komisaris independen berpengaruh terhadap biaya ekuitas namun tidak berpengaruh terhadap biaya utang, sedangkan kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap biaya ekuitas dan biaya utang. Komite audit secara parsial tidak berpengaruh terhadap biaya ekuitas namun berpengaruh terhadap biaya utang.

Downloads

Published

2016-02-13

How to Cite

Hidayati, H. D., Susilawati, R. A. E., & Halim, A. (2016). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP BIAYA EKUITAS DAN BIAYA UTANG (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/977

Issue

Section

Articles