PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, PENGALAMAN DAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN (PPL) AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Pada Akuntan Publik Di Kantor Akuntan Publik Kota Malang)

Authors

  • Liahmad Liahmad
  • Koenta Adji Koerniawan
  • Abdul Halim

Keywords:

Kompetensi, Independensi, prngalaman, pendidikan berkelanjutan (ppl) Auditor, Kualitas Audit.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan pengaruh Kompetensi, Independensi, pengalaman dan pendidikan berkelanjutan (ppl) Auditor terhadap Kualitas Audit di Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang ada pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah semua auditor dari 8 Kantor Akuntan Publik yang ada di Kota malang.Variabel independen dalam penelitian ini adalah kompetensi, independensi, pengalaman dan pendidikan berkelanjutan (ppl) sedangkan variabel dependennya adalah kualitas audit. Untuk metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer statistik SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara simultan kompetensi, independensi, pengalaman dan pendidikan berkelanjutan (ppl) berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit dan hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Sedangkan kompotensi, pengalaman, dan pendidikan berkelanjutan (ppl) tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Sedangkan koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama kompetensi, independensi, pengalaman dan pendidikan berkelanjutan memberikan sumbangan terhadap variabel terikat (Kualitas Audit) sebesar 28% sedangkan sisanya 72% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Downloads

Published

2016-04-15

How to Cite

Liahmad, L., Koerniawan, K. A., & Halim, A. (2016). PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, PENGALAMAN DAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN (PPL) AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Pada Akuntan Publik Di Kantor Akuntan Publik Kota Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/986

Issue

Section

Articles