ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS UNTUK MENINGKATKAN LABA (Studi kasus pada Ayung Sportindo Konveksi Malang)

Authors

  • Lilik Handayani
  • Sulistyo Sulistyo
  • Abdul Halim

Keywords:

Biaya diferensial, Pesanan khusus, Laba perusahaan.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan biaya diferensial dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus pada Ayung Sportindo Konveksi Malang untuk meningkatkan laba, dan untuk mengetahui faktor-faktor non keuangan yang dijadikan pertimbangan perusahaan dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelilitian deskriptif kualitatif. Analisis penerapan biaya diferensial dengan cara membandingkan biaya produksi non pesanan khusus dengan biaya produksi pesanan khusus dan untuk faktor-faktor non keuangan dengan cara mendapatkan informasi dari pihak manajemen perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan biaya diferensial kurang tepat dikarenakan dalam pengelompokan biaya-biaya untuk produksi pesanan khusus masih salah, meskipun dengan pengelompokan biaya-biaya yang salah perusahaan mendapatkan laba dari keputusan menerima pesanan khusus, kemudian faktor-faktor non keuangan yang dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus yaitu, perilaku konsumen, faktor psikologis konsumen.

Downloads

Published

2015-04-15

How to Cite

Handayani, L., Sulistyo, S., & Halim, A. (2015). ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS UNTUK MENINGKATKAN LABA (Studi kasus pada Ayung Sportindo Konveksi Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/988

Issue

Section

Articles