PERBEDAAN ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DIVIDEN TUNAI (Studi Pada Saham-Saham Perusahaan yang Masuk Dalam LQ-45 di BEI)

Authors

  • Parjoko Parjoko
  • R. Anastasia Endang Susilawati
  • Abdul Halim

Keywords:

Abnormal return, trading volume activity

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan perbedaan abnormal return saham dan trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman dividen tunai. Pasar akan bereaksi yang ditunjukan dengan adanya perbedaan abnormal return saham dan trading volume activity. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah perusahaan yang mengumumkan dividen tunai (dividend date) yang sahamnya masuk dalam kategori LQ-45. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi peristiwa (event study) dengan periode jendela selama 7 hari, yaitu 3 hari sebelum (t-3), event date (t-0) dan 3 hari sesudah (t+3) pengumuman dividen tunai. Hasil pengujian hipotesis pertama dalam penelitian ini menunjukan adanya perbedaan abnormal return saham sebelum dan sesudah pada saat peristiwa pengumuman dividen tunai. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua juga memperlihatkan adanya perbedaan pada trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman dividen tunai. Dari hasil pengujian kedua hipotesis tersebut mengakibatkan pasar bereaksi, artinya ada kandungan informasi atas peristiwa pengumuman dividen tunai.

Downloads

Published

2015-04-15

How to Cite

Parjoko, P., Susilawati, R. A. E., & Halim, A. (2015). PERBEDAAN ABNORMAL RETURN DAN TRADING VOLUME ACTIVITY SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DIVIDEN TUNAI (Studi Pada Saham-Saham Perusahaan yang Masuk Dalam LQ-45 di BEI). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrma/article/view/999

Issue

Section

Articles