Pengaruh Penggunaan Tepung Onggok Terfermentasi Dengan Trichoderma viride Sebagai Pakan Alternatif Terhadap Konsumsi Pakan dan Pertambahan Bobot Badan Ayam Kampung Super

Main Article Content

anang widigdyo
Agustina Widyaworo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level penggunaan tepung onggok terfermentasi sebagai pakan alternative pengganti Bekatul dalam meningkatkan penampilan produksi ayam kampung super yang meliputi konsumsi pakan dan pertambahan bobot badan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dalam usaha peternakan ayam kampung super. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik observasi. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 6 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan pada penelitian ini P0 merupakan perlakuan tanpa penambahan Tepung Onggok Terfermentasi (TOT), P1 penambahan tepung onggok sebagai subtitusi bekatul 25 % Tepung Onggok Terfermentasi (TOT) dan 75 % Bekatul dalam ransum untuk mengganti penggunaan Bekatul, P2,penambahan TOT 50 % + 50 % Bekatul dalam ransum, P3, penambahan TOT 75% + 25% Bekatul dalam ransum. Dalam penelitian ini menggunakan ternak ayam kampung super umur 28 hari sebanyak 120 ekor dan terbagi 5 ekor di setiap ulangan. Kandang yang digunakan adalah kandang koloni dengan ukuran 100 x 70 x 80 cm di setiap perlakuan dan ulangan. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TOT sebagai pengganti bekatul dalam ransum pakan ayam kampung super memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap nilai konsumsi pakan ayam kampung super. Hasil data penelitian penggunaan TOT sebagai pengganti bekatul dalam ransum pakan tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap Pertambahan Bobot Badan (PBB) ayam kampung super .

Article Details

How to Cite
widigdyo, anang, & Widyaworo, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Tepung Onggok Terfermentasi Dengan Trichoderma viride Sebagai Pakan Alternatif Terhadap Konsumsi Pakan dan Pertambahan Bobot Badan Ayam Kampung Super. Jurnal Sains Peternakan, 7(2), 128–134. https://doi.org/10.21067/jsp.v7i2.3956
Section
Articles
Author Biography

Agustina Widyaworo, Universitas Islam Balitar

Prodi Ilmu Ternak Fakultas Peternakan

 

References

Kiramang, K. 2011. Potensi Dan Pemanfaatan Onggok Dalam Ransum Unggas.Jurnal Tekno Sains 5(2):155-163.

Purwanti, F. E. 2014. Kualitas Nutrien Onggok Yang Difermentasi Aspergillus Niger Dengan Penambahan Level Urea dan Zeolit Yang Berbeda. Skripsi: Fakultas Peternakan IPB.

Safari, Sinegani,A. A. G. emtiaz, S. Hajrasullha, and H. Shariatmadani . 2005. Biodegredation of Some Agriculture Residues by Fungi Agirated Submerged Culture Afr. J.Biotech 4(10):1058-1061.

Sulistiawan,I.H.2015.Perbaikan kualitas Ayam Broiler Melalui Fermentasi Dua Tahap Menggunakan Trichoderma resei & Sacharomices cereviceae. Agripet 15(1):66-71.

Umam,M.H,H.S, Prayogi, V. M. A, Nungiartiningsih. 2014. The Performance Of Broiler System Stage Floor And Double Floor.JIIP 24(3):79-87.

Wahyu, J. 2004. Ilmu Nutrisi Unggas. Edisi ke-4. Universitas Gadja Mada Press. Yogyakarta

Yonista,M., O.Sofjan,E., Widodo.2014. Evaluasi Nutrisi Campuran Onggok dan Ampas Tahu Terfermentasi Aspergilus niger, Rhizopus oligosporus dan Kombinasi Sebagai Pengganti Tepung Jagung.JIIP 24(2):72-83.

Zaenuri,H.2018. Perbedaan Jenis Inokulum terhadap Kandungan Protein Kasar dan Serat Kasar Pada Onggok Terfermentasi. Skripsi: Fakultas Peternakan Universitas Islam Balitar